DetikHot

book

Gabriel Garcia Marquez, Novelis Legenda Kolombia yang Jadi Google Doodle

Selasa, 06 Mar 2018 10:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Gabriel Garcia Marquez, Novelis Legenda Kolombia yang Jadi Google Doodle Gabriel Garcia Marquez, Novelis Legenda Kolombia yang Jadi Google Doodle Foto: Istimewa
Jakarta - Laman Google hari ini dihiasi oleh doodle sebuah kota penuh warna warni dengan sosok pria berkumis di sisi kiri. Gabriel Garcia Marquez adalah sosok yang dijadikan Google Doodle hari ini. Siapakah dia?

Tepat hari ini, 91 silam penulis legenda kelahiran Kolombia itu lahir. Dia dikenal sebagai novelis dan salah satu tokoh yang mempopulerkan genre 'realisme magis' dalam sastra.

Genre tersebut dituliskan Marquez dengan cerita yang mencampurkan antara kenyataan dan hal gaib. Kolaborasi cerita rakyat itu yang menjadikan namanya melegenda.



Karya-karyanya melegenda dan menjadi bahan ajar di setiap sekolah maupun universitas sastra di negara asalnya. Salah satu novel terkenalnya berjudul 'A Hundred Years of Solitude'. Di dalamnya terdapat kota rekaan yang bernama Macondo.

Dalam novel, dia menuliskan kota Macondo yang indah dan penuh magis. Kota yang melahirkan berbagai keajaiban dan disebut berada di tengah hutan Amazon yang lebat. Di kota inilah terdapat misteri dan banyak cerita aneh.

Peraih Nobel Sastra tahun 1982 ini telah menulis lebih dari 25 buku. Satu dekade berikutnya dia didiagnosa menderta kanker kelenjar getah bening dan membuatnya menulis memoar 'Hidup untuk Menceritakan Kisahnya'.

Gabriel Garcia Marquez meninggal pada 17 April 2014 di usia ke-87. Meski telah tiada, dia menjadi ikon budaya Amerika Latin dan karya-karyanya diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa lainnya.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed