DetikHot

book

Dua Penerbit Inggris Tak akan Terbitkan Lagi Karya Novelis 'The Maze Runner'

Rabu, 21 Feb 2018 13:30 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Dua Penerbit Inggris Tak akan Terbitkan Lagi Karya Novelis The Maze Runner Dua Penerbit Inggris Tak akan Terbitkan Lagi Karya Novelis 'The Maze Runner' Foto: Getty Images
Jakarta - James Dashner yang dikenal lewat novel trilogi 'The Maze Runner' meminta maaf karena diduga melakukan pelecehan seksual. Akibatnya dua penerbit asal Inggris menjatuhkan hukuman dengan tidak lagi menerbitkan buku-buku dari Dashner.

Dua penerbit Inggris tersebut adalah Chicken House dan Sweet Cherry Publishing. Seorang juru bicara Chicken House, dilansir dari The Bookseller, mengatakan pihaknya tak akan lagi menerbitkan buku-buku James Dashner.

"Chicken House memutuskan ke depannya tidak akan merilis bukunya lagi," ujarnya.



Sweet Cherry Publishing pun menyatakan hal yang serupa dan menghentikan promosi dari seri buku 'The 13th Reality' yang baru diterbitkan. Awak media menegaskan bahwa pihaknya membatalkan semua rencana publisitas dan tak akan mencetak ulang buku-buku Dashner.

"Kami tidak bisa mendukung seorang penulis yang menjadi bagian dari kasus pelecehan seksual di industri buku. Secara moral atau keadilan hal itu tidak dibenarkan," tutur Abdul Thadha dari Sweet Cherry Publishing.

Dasher dituduh melakukan pelecehan seksual oleh beberapa orang yang berbicara secara anonim di kolom komentar sebuah situs Amerika, Journal Library pada 11 Februari lalu. Meski hanya terdapat di kolom komentas, namun netizen dan masyarakat umum menanggapi masalah tersebut dengan serius.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed