DetikHot

book

Banyak yang Penasaran, Pidi Baiq Bicara Sosok Dilan dan Milea Asli

Selasa, 06 Feb 2018 12:52 WIB  ·   Ken Yunita - detikHOT
Banyak yang Penasaran, Pidi Baiq Bicara Sosok Dilan dan Milea Asli Foto: Instagram
Jakarta -

Pembaca novel 'Dilanku 1990' mungkin sudah bertanya-tanya sejak lama. Apakah sosok Dilan dan Milea di buku itu nyata? Bahkan spekulasi siapa sebenarnya dua sosok itu juga sudah ada sejak lama.

Dan kini, ketika film yang diadaptasi dari novel tersebut tayang di bioskop, rasa penasaran itu kian merajalela. Bahkan di media sosial ada banyak kajian yang berusaha untuk mengungkap misteri itu.

Hal itu membuat sang penulis novel, Pidi Baiq, angkat bicara. Lagi-lagi lewat Instagram, pria yang akrab disapa Ayah itu memberi klarifikasi panjang lebar.

Pidi Baiq memulai klarifikasinya dengan mengungkap pesan yang pernah disampaikan oleh Dilan dan Milea. Sebelum dirinya menulis novel 'Dilan', mereka berdua telah mewanti-wanti sesuatu.

"Dilan dan Milea Adnan Hussain mewanti-wanti saya untuk tidak mengungkap siapakah sebenarnya tokoh asli yang jadi Dilan atau Milea di dalam novel 'Dilan' itu," tulis Pidi Baiq seperti dikutip detikhot, Selasa (6/2/2018).

Penulis yang tinggal di Bandung itu mengaku setuju dengan hal itu. Menurutnya, menjaga kenyamanan hidup Dilan dan Milea dalam sosok nyata memang hal yang penting. Dan dia tidak akan melanggar janji itu.

"Saya tidak akan melanggar perjanjian itu sampai mereka sendiri memberi saya izin untuk mengungkap asli diri mereka," kata Pidi Baiq.

Kesepakatan ini juga diteruskan kepada beberapa orang yang terlibat dalam penulisan novel Dilan. Dan semuanya setuju.

"Jadi kalau kemudian ada sebagian orang yang mengatakan bahwa dirinya adalah Piyan, atau Wati yang ada di novel 'Dilan', sesungguhnya mereka hanya pandai mengaku-ngaku saja," katanya.

[Gambas:Video 20detik]

Dia pun meminta semua orang menghargai keinginan Dilan dan Milea yang sejak awal ingin identitas asli mereka tidak diungkap.

"Biarlah tetap menjadi rahasia. Yang penting kita sudah tahu ceritanya dan mudah-mudahan bisa mengambil pelajaran. Dilan dan Milea hanya manusia biasa, ikut yang baiknya dan jangan ditiru keburukannya," kata Pidi Baiq.




(ken/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed