DetikHot

book

Novel tentang Perang Sipil di Sri Lanka Raih Hadiah Sastra Asia Selatan

Rabu, 22 Nov 2017 09:30 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Novel tentang Perang Sipil di Sri Lanka Raih Hadiah Sastra Asia Selatan Novel tentang Perang Sipil di Sri Lanka Raih Hadiah Sastra Asia Selatan Foto: Ist
Jakarta - Novel yang menceritakan tentang perang sipil yang terjadi di Sri Lanka 26 tahun yang lalu itu memenangkan penghargaan sastra Asia Selatan. Hadiah tersebut merupakan yang bergengsi di kawasan tersebut.

Penulis Anuk Arudpragasam menulis buku yang berjudul 'The Story of a Brief Marriage' dan mengalahkan empat saingan terpilih lainnya. Pengumuman tersebut diumumkan di Festival Sastra Dhaka, Bangladesh.

Tim dewan juri Ritu Menon memuji novel tersebut karena intensitas serta detail yang kaya. "Novelnya berhasil menjelajahi hati yang tragis berada di medan perang. Ini juga merupakan bukti kekuatan penebusan cinta, dan kemampuan semangat manusia," ujarnya dikutip dari Guardian, Rabu (22/11/2017).



Novelnya mengungkapkan pernikahan seorang anak laki-laki dan perempuan bernama Dinesh dan Gangga jelang konflik berdarah tersebut. Ini adalah kisah seperti di dongeng, bedanya mereka berada di medan perang.

Penulis asal Tamil yang tumbuh di Sri Lanka bagian selatan itu mengatakan karyanya berusaha memahami bagaimana rasanya tinggal di daerah yang dilanda perang.

"Itu ada hubungannya dengan latar belakang saya. Saya orang Tamil tapi tumbuh dalam keadaan istimewa di selatan negara ini, jauh dari perang yang terjadi. Pada dasarnya saya mencoba memahami bagaimana rasanya berada di daerah perang," pungkasnya.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed