detikHot

Laporan dari Frankfurt

Peminat Sastra Indonesia di Goethe University Naik, Lebih Banyak dari Sastra China

Sabtu, 14 Okt 2017 18:30 WIB Ken Yunita - detikHot
Perwakilan dari Goethe University Foto: Ken Yunita Perwakilan dari Goethe University Foto: Ken Yunita
Frankfurt - Perwakilan dari Goethe University sempat mampir ke stan Indonesia di Frankfurt Book Fair 2017. Dalam kesempatan itu, dua perwakilan universitas di Frankfurt itu sempat menyebut adanya peningkatan minat mahasiswa untuk mengambil jurusan yang terkait Indonesia.

"Dua tahun lalu jumlah mahasiswa Sastra Indonesia lebih banyak dari pada Sastra China. Padahal sebelum-sebelumnya selalu Sastra China lebih banyak," kata Elsa Clave saat berbincang dengan detikHOT, Jumat (13/10/2017).

Menurut Elsa, salah satu faktor yang membuat banyak mahasiswa tertarik dengan Indonesia adalah karena beberapa tahun terakhir, banyak sekali event internasional yang diikuti oleh Indonesia. Seperti Frankfurt Book Fair, dan juga event-event yang lain.


"Dulu orang hanya kenal Jepang, China, tapi tak pernah tahu Asia Tenggara termasuk Indonesia. Dan kini mereka tahu dan ingin belajar lebih jauh mengenai negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia," kata Elsa.

Sementara itu Holger Warnk mengatakan, karena mahasiswa yang tertarik dengan jurusan Indonesia, Goethe University membutuhkan banyak buku-buku Indonesia.

"Saat ini ada sekitar 20 ribu buku tentang Indonesia. Kami berharap ada akses lebih mudah untuk mendapatkan buku-buku tentang Indonesia," katanya.
(ken/dar)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Frankfurt Book Fair 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com