DetikHot

book

Arundhati Roy Tak Lolos, Ini 6 Penulis Nominasi Man Booker Prize 2017

Kamis, 14 Sep 2017 16:03 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Arundhati Roy Tak Lolos, Ini 6 Penulis Nominasi Man Booker Prize 2017 Arundhati Roy Tak Lolos, Ini 6 Penulis Nominasi Man Booker Prize 2017 Foto: Man Booker Prize
Jakarta - Juli lalu penyelenggara Man Booker Prize mengumumkan 13 nama penulis yang masuk dalam seleksi tahun ini. Sayangnya penulis beken asal India Arundhati Roy tak lolos di penghargaan tahunan bergengsi Inggris tersebut. Padahal nama Arundhati Roy adalah satu-satunya penulis yang telah memenangkan Man Booker Prize dan kembali masuk.

Dalam konferensi pers di kantor Man Booker, tim dewan juri yang dikepalai oleh Baroness Young mengatakan enam penulis yang lolos karyanya menceritakan tentang sifat cinta, pengalaman waktu, pertanyaan identitas, bahkan soal kematian. Ada tiga wanita dan tiga penulis pria yang lolos.



Di tahun ke-4 penyelenggaraan penghargaan terbuka untuk penulis kebangsaan manapun. Ada tiga penulis asal Amerika, dua penulis Inggris, dan satu Inggris-Pakistan.

"Enam buku yang unik dan secara kolektif mereka menekan batas-batas konvensi. Daftar pendek tahun ini mengakui para penulis mengenalkan suara baru di panggung sastra," kata Baroness Young, dilansir dari situs resmi Man Booker Prize, Kamis (14/9/2017).

CEO Man Booker Prize Luke Ellis berkomentar daftar pendek tahun ini mewakili perayaan bakat sastra yang luar biasa. Mulai dari penulis mapan sampai yang baru mengeluarkan debut perdana.

"Kami merasa terhormat mendukung para penulis. Peran dan karya mereka memainkan peranan penting di panggung sastra internasional," Luke Ellis.



Malam penganugerahan Man Booker Prize akan berlangsung pada Selasa (17/10) mendatang di Guidhall London. Berikut 6 nama penulis di Man Booker Prize 2017:

1. 4321 karya Paul Auster (Amerika Serikat) (Faber & Faber)
2. History of Wolves karya Emily Fridlund (Amerika Serikat) (Weidenfeld & Nicolson)
3. Exit West karya Mohsin Hamid (Inggris-Pakistan) (Hamish Hamilton)
4. Elmet karya Fiona Mozley (Inggris) (JM Originals)
5. Lincoln in the Bardo karya George Saunders (Amerika Serikat) (Bloomsbury Publishing)
6. Autumn karya Ali Smith (Inggris) (Hamish Hamilton)


(tia/doc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed