DetikHot

book

J.K Rowling Jadi Penulis Terkaya di Dunia, Berapa Pajak yang Harus Dibayar?

Selasa, 12 Sep 2017 12:30 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
J.K Rowling Jadi Penulis Terkaya di Dunia, Berapa Pajak yang Harus Dibayar? J.K Rowling Jadi Penulis Terkaya di Dunia, Berapa Pajak yang Harus Dibayar? Foto: Guardian
Jakarta - Penulis Harry Potter J.K Rowling dinobatkan menjadi penulis terkaya di dunia tahun ini. Kekayaannya bertambah menjadi $ 95 juta saat sihir Harry Potter berada di panggung teater.

Dalam setahun berapa jumlah pajak profesi penulis yang harus dibayarkan J.K Rowling yang kini tinggal di Skotlandia?

Dilaporkan berbagai sumber, di awal penayangan 'Fantastic Beasts and Where to Find Them' meraup sekitar $ 75 juta dan totalnya mencapai $ 150 juta di box office internasional. Versi teater 'Harry Potter and the Cursed Child' di London menambah keuntungan dari J.K Rowling.



Dalam laporan Fortune akhir 2016 lalu, seperti dilansir detikHOT, Selasa (12/9/2017), disebutkan 450 juta kopi dari tujuh seri buku Harry Potter berhasil mendapatkan angka $ 7,7 miliar. Jika J.K Rowling memperoleh potongan 15 persen sebagai pajak, maka dia akan memperoleh $ 1,15 miliar.

Belum lagi ditambah dengan buku-buku non Harry Potter yang menghasilkan $ 50 juta. Empat film Harry Potter pertama juga meraup hampir $ 3,5 miliar dengan keuntungan $ 2,5 miliar. J.K Rowling berhasil mendapatkan pemotongan laba bersih $ 250 juta.

Film 'Fantastic Beasts' berakhir dengan pendapatan $ 500 juta dan jika benar maka J.K Rowling mengantongi $ 50 juta. Dalam laporan tersebut juga dilaporkan penghasilan J.K Rowling dari buku, film, taman hiburan, serta seri televisi berjumlah sekitar $ 2,2 miliar.



Jika J.K Rowling membayar tarif pajak tertinggi di Inggris untuk seorang penulis sebesar 45 %, dia membayar pajaknya sebesar $1,2 miliar atau sekitar Rp 15,7 triliun.

Angka tersebut belum dihitung dengan biaya lisensi yang mungkin didapatkan J.K Rowling dari permainan Harry Potter, biaya lisensi barang dagangan Harry Potter, pendapatan investasi, dan keuntungan modal yang didapatkan Rowling.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed