DetikHot

book

Okky Madasari Ikuti Program Residensi Penulis ke Amerika

Selasa, 08 Ags 2017 09:55 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Okky Madasari Ikuti Program Residensi Penulis ke Amerika Okky Madasari Ikuti Program Residensi Penulis ke Amerika Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Sukses meluncurkan buku kumpulan cerita pendek (cerpen) berjudul 'Yang Bertahan dan Binasa Perlahan', Okky Madasari segera mengikuti program residensi ke Amerika Serikat. Tinggal dan berkarya di satu tempat atau disebut residensi yang diselenggarakan oleh Universitas Iowa mengundang nama Okky sebagai salah satu penulis kenamaan Tanah Air.

Ditemui di sela-sela penyelenggaraan ASEAN Literary Festival akhir pekan lalu, Okky menceritakan mengenai program residensi bergengsi di dunia kepengarangan.

"Iowa memang ditetapkan sebagai kota loteratur. Penulis biasanya melakukan residensi tiga sampai empat bulan setiap tahunnya dan ini sudah tahun ke-50," tutur Okky belum lama.



Penulis Indonesia seperti Danarto, Putu Wijaya, Leon Agusta pun sudah diundang ke Iowa. Bagi setiap penulis, termasuk Okky, residensi di Iowa merupakan salah satu mimpi yang akhirnya terwujud.

Dengan mengikuti program residensi penulis, Okky berharap bisa menghasilkan karya-karya baru. "Testimoninya para penulis, selama tinggal di sana penulis akan bisa menghasilkan karya-karya baru. Tulisannya akan bertransformasi, karena saya merasa pekerjaan yang saya kerjakan belum ada apa-apanya," lanjut Okky lagi.

Usai dari Amerika nanti, rencananya Okky juga diundang oleh Universitas Nasional Singapura untuk program residensi penulis sekaligus pengajar.

"Insya Allah dimulai bulan Januari sampai satu semester ke depan. Doakan saja," pungkas Okky.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed