DetikHot

book

40 Puisi Pilihan Penyair Heru Joni Putra Diterbitkan

Kamis, 13 Jul 2017 14:11 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
40 Puisi Pilihan Penyair Heru Joni Putra Diterbitkan 40 Puisi Pilihan Penyair Heru Joni Putra Diterbitkan Foto: Istimewa
Jakarta - Penyair Heru Joni Putra menerbitkan buku kumpulan puisi berjudul 'Badrul Mustafa Badrul Mustafa Badrul Mustafa'. Buku yang memuat 40 puisi pilihan tersebut berasal dari proses kepenyairan Heru Joni Putra selama satu dekade sejak 2006.

Buku puisi ini mencoba menggali puisi-puisi yang naratif dengan mengembangkan beragam bentuk sastra, seperti pantun, syair, balada, rubaiyat, dan lain-lain. Puisi-puisinya juga mengeksplorasi dari tradisi sastra Minangkabau.

Dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Kamis (13/7/2017), Heru Joni Putra mengembangkan model kepenulisan petatah-petitih, pantun, dan bentuk lain dalam sastra Minangkabau.



"Pengembangannya dikombinasikan dengan berbagai bentuk puisi dari tradisi sastra kebudayaan lain, contohnya saja bentuk Rubaiyat dari khazanah sastra Arab atau bentuk balada khas sastra Inggris," tuturnya.

Selain pengembangan bentuk sastra dalam buku yang berisi 40 puisi itu tema yang diangkat pun beragam. Ada yang mengangkat masalah historis Perang Paderi, aspek spiritualitas hingga masalah tanah yang kerap dialami masyarakat pedesaan.

"Topik-topik tersebut dikemas menjadi satu rangkaian kisah namun bisa dicari benang merahnya," pungkasnya.

Peluncuran buku yang digelar oleh Studiohanafi dan didukung Penerbit Nuansa Cendekia, Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), dan PKJ TIM itu berlangsung sukses kemarin.


(tia/doc)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed