DetikHot

book

Fakta Terbaru! Penulis Jane Austen Diduga Keracunan Arsenik

Jumat, 10 Mar 2017 12:51 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Fakta Terbaru! Penulis Jane Austen Diduga Keracunan Arsenik Foto: Istimewa
Jakarta - Data terbaru dari penulis Jane Austen terkuak. Novelis 'Pride and Prejudice' itu diketahui hampir buta di akhir hidupnya dan para ahli mengungkapkan kemungkinan sebagai akibat dari keracunan arsenik.

Pada masa itu, logam berat seperti arsenik digunakan dalam obat-obatan dan Austen diketahui meminumnya terus menerus. Tes pada tiga pasang kacamata diadakan di Perpustakaan Inggris.

"Tiga pasang kacamata yang berada di meja penulis, diperiksa menggunakan lensa meteran portabel untuk menentukan kekuatan lensa dan dampaknya terhadap usia manusia," tutur kurator Perpustakaan Inggris, Sandra Tuppen, dikutip dari BBC, Jumat (9/3/2017).

Baca Juga: Buku #88LOVELIFE Vol.03 Diana Rikasari Juga Rilis di Malaysia

Hasil dari pengujian menunjukkan, Austen merasa kesulitan untuk membaca atau menulis menjelang usia akhirnya. "Ada kemungkinan dia diracuni sengaja dengan logam berat seperti arsenik. Kita tahu keracunan arsenik dapat menyebabkan katarak," lanjut Austen lagi.

"Arsenik sering dimasukkan ke dalam obat untuk jenis penyakit, berpotensi untuk rematik. Dan yang kita tahu Janes Austen menderitanya," tambahnya lagi.

Novelis yang berdomisili Steventon, Hampshire, meninggal dunia pada 18 Juli 1817 silam. Penyebab kematiannya sampai saat ini masih menjadi spekulasi dan pembicaraan di kalangan pembaca setia karya-karya Jane Austen.


(tia/mmu)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed