Usai Kontroversi AntiSemitisme, Festival documenta Umumkan Direktur Baru

ADVERTISEMENT

Usai Kontroversi AntiSemitisme, Festival documenta Umumkan Direktur Baru

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 18 Jan 2023 14:25 WIB
A professional visitor looks at a work by the
Foto: AFP via Getty Images/ANTON ROLAND LAUB
Jakarta -

Festival documenta 2022 menuai kontroversi karena anggapan ada karya seni sarat AntiSemitisme atau kebencian terhadap kaum Yahudi. documenta tahun lalu yang dipimpin oleh tim direktur artistik ruangrupa asal Jakarta telah selesai digelar.

Kini organisasi documenta mengumumkan telah merekrut direktur pelaksana terbaru. Dia adalah Andreas Hoffmann, seorang pakar barang antik dan administrator seni yang telah menjadi direktur pelaksana pusat pameran Forum Bucerius Kunst di Hamburg, sejak 2007.

"Andreas Hoffman akan mulai bekerja pada 1 Mei, menggantikan Ferdinand von Saint Andre yang ditunjuk akhir tahun lalu untuk menjadi direktur pelaksana sementara setelah serangkaian kontroversi pada documenta fifteen," tulis keterangan documenta, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (18/1/2023).

Tak hanya menuai kontroversi, direktur pelaksana Sabine Schormann yang bergabung dengan documenta pada 2018 juga telah mengundurkan diri pada Juli 2022.

Festival seni rupa kontemporer yang digelar setiap 5 tahun sekali di Kassel, Jerman, documenta menjadi ajang yang paling ditunggu oleh seniman dan pencinta seni Eropa. Bagaimana tidak, festival tertua di benua Eropa itu terbilang bergengsi dan untuk pertama kalinya mendapat pro-kontra tahun lalu.

Dalam documenta 2022, ruangrupa mengembangkan konsep 'lumbung' yang memiliki metafora sama seperti lumbung padi masyarakat. Mereka mengundang ratusan seniman berpartisipasi.

Di hari pembukaan, lebih dari 750 peserta dan pengunjung menghadiri, dan meningkat sampai 1.500 pengunjung. Kebanyakan dari mereka adalah anggota atau peserta dalam kolektif.

Sayangnya, ruangrupa menghadapi tantangan isu antisemitisme dalam karya-karya yang ditampilkan dan dugaan simpati pro-Palestina dari beberapa seniman. Kehebohan terus berlanjut dari publikasi media Jerman sampai Menteri Kebudayaan Jerman merilis rencana untuk 'mereformasi' tata kelola documenta agar diawasi lebih ketat di bawah kekuasaan pemerintah.

Festival documenta berikutnya bakal diselenggarakan pada 2027 yakni 12 Juni sampai 19 September. Sampai sekarang, direktur artistiknya belum diumumkan.

Simak juga Video: Adidas Hentikan Kerja Sama dengan Kanye West Imbas Cuitan Anti-Semit

[Gambas:Video 20detik]



(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT