RM BTS Raih Penghargaan karena Bantu Lestarikan Artefak Budaya Korea

ADVERTISEMENT

RM BTS Raih Penghargaan karena Bantu Lestarikan Artefak Budaya Korea

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 05 Des 2022 14:23 WIB
RM BTS
Foto: Instagram @rkive
Jakarta -

Dikenal sebagai leader BTS, RM sukses menjadi seorang influencer di bidang seni. Dia kerap memposting karya seni yang disukai ke akun Instagram pribadinya.

Kini, penyanyi berusia 28 tahun itu menerima anugerah penghargaan dari Cultural Heritage Administration (CHA) dari pemerintah Korea Selatan. RM BTS dianggap mampu membantu pelestarian dan pemulihan artefak budaya Korea.

RM yang bernama asli Nam-joon itu membagikan berita tersebut dengan catatan singkat. Dia pun mengucapkan, "Terima kasih."

Dilansir dari Korea Times, ukiran plakat itu bertuliskan, "Anda telah berkontribusi untuk melestarikan dan mempromosikan artefak budaya Korea di luar negeri dengan kasih sayang yang besar terhadap warisan budaya dan sejarah kita. Anda merasa terhormat dengan banyak penghargaan dan terima kasih."

RM telah membangun reputasi atas minatnya pada dunia seni dan seniman melalui berbagai kunjungan ke museum, galeri seni, dan pameran seni bergengsi di dunia. Di sela-sela acara dan tur, RM juga telah membagikan berita tentang karya seni ke akun Instagram pribadinya yang berpengaruh.

Baru-baru ini, RM juga telah mendonasikan 100 juta won kepada Overseas Korean Cultural Heritage Foundation dan National Museum of Modern and Contemporary Art, Korea.

Selain mengoleksi karya seni dari seniman Korea dan mancanegara, dia juga disebut meminjamkan salah satu koleksi patung kuda terakota karya seniman Korea Kwon Jin-kyu ke Museum Seni Seoul sampai Mei 2023.

Pada Juli lalu, RM diundang dalam The Art Basel Podcast dan berbicara soal dunia seni yang mempengaruhinya.

RM mengaku lewat akun Instagram, ia banyak mengunggah karya seni yang disukai sekaligus yang membuat dirinya penasaran. "Akun Instagram saya secara harfiah 'hanya arsip' tentang diri saya," ungkapnya dilansir berbagai sumber.

"Saya yakin orang-orang akrab dengan RM sebagai figur publik di atas panggung. Ini adalah arsip untuk RM dan Kim Namjoon, dan saya melakukannya untuk diri saya sendiri di masa depan," tegasnya.

Menurut penuturan RM, setiap hari ketika melihat pemandangan alam atau objek sederhana di depan matanya, ia selalu melihat melalui lensa seni.



Simak Video "RM BTS Bakal Gelar Konser untuk Rayakan Album 'Indigo'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT