Duh... 4 Aktivis di Milan Rusak Mobil BMW 1979 yang Dicat Andy Warhol

ADVERTISEMENT

Duh... 4 Aktivis di Milan Rusak Mobil BMW 1979 yang Dicat Andy Warhol

Tia Agnes Astuti - detikHot
Sabtu, 19 Nov 2022 11:27 WIB
Karya Andi Warhol dirusak.
Mobil BMW 1979 yang dicat Andy Warhol dirusak 4 orang aktivis. Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Aksi vandalisme terhadap karya seni belum berakhir di dataran negara-negara Eropa. Kini, karya seni Andy Warhol yang berbentuk mobil BMW berbentuk ciri khas gaya lukisannya di Pusat Budaya Fabbrica del Vapore, Milan, Italia, dilemparkan 8 kilogram tepung.

Empat orang aktivis yang menyebut diri mereka sebagai anggota Ultima Generazione (Generasi Terakhir) itu melancarkan aksinya bertujuan untuk menarik perhatian soal masalah iklim. Salah seorang perempuan yang belum diketahui namanya dalam video yang beredar, menyatakan mereka sengaja mendekati mobil sport Jerman keluaran 1979 yang dicat Warhol dengan tepung.

Petugas keamanan di pusat kebudayaan itu langsung mengamankan keempat aktivis. Dalam pernyataan terbuka melalui media sosial, mereka mengungkapkan pendapatnya soal perubahan iklim.

"Tidak ada gunanya memiliki bahan berkelanjutan jika pemerintah tidak melakukan apa yang telah mereka janjikan untuk mengurangi emisi gas yang mengubah iklim," kata seorang peneliti sains dan teknologi yang turut melakukan protes, Maria Letizia, seperti dilansir berbagai sumber.

"Emisi terus meningkat dan hal ini membawa kita menuju kelaparan dan perang untuk air, makanan, dan bertahan hidup," sambungnya.

Maria Letizia pun melanjutkan, "Anak-anak muda yang melakukan aksi bersama saya ini adalah generasi terakhir yang masih bisa melakukan sesuatu, saya ingin membantu mereka agar mereka bukan generasi terakhir di planet bumi ini."

Anggota kelompok aktivis itu disebut berencana untuk menempelkan diri ke jendela mobil, tapi dihalangi oleh satpam.

Mobil seni BMW adalah salah satu dari 20 mobil yang dirancang oleh pabrikan keluaran Jerman tersebut. Andy Warhol yang dikenal sebagai pencetus pop-art itu menutupi mobil balap BMW M1 dengan cat sekitar 5,8 kilogram dalam waktu 28 menit di tahun 1979.

Mobil tersebut dikendarai di sirkuit Le Mans, Sarthe, Prancis, di masanya. Departemen Budaya BMW kecewa dengan aksi vandalisme yang dilakukan ke-4 aktivis. Dia menuturkan, nilai seni pada mobil BMW itu tak terhingga.

"Itu semua milik semua umat manusia dan mencerminkan pencapaian besar dari seorang seniman besar Andy Warhol. Art Car 1979 Andy Warhol adalah mahakarya yang unik dan kami tidak bersimpati atas serangan kekerasan terhadap karya seni yang dirusak," tegasnya.



Simak Video "Lukisan Marilyn Monroe Cetak Rekor Lelang di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT