Sajian Unik <i>Food Theatre</i> Ramaikan G20 Bali

ADVERTISEMENT

Sajian Unik Food Theatre Ramaikan G20 Bali

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 18 Nov 2022 16:40 WIB
Sajian Unik Food Theatre di G20 Bali
Foto: Istimewa
Jakarta -

Di balik kesuksesan perhelatan akbar G20 Bali, terselip berbagai cerita. Salah satunya mengenai konsep sajian unik food theatre saat istri Presiden Jokowi, Iriana jokowi menjamu makan siang para tamu. Bukan soal menu makanan yang disajikan saja, namun cara penyajian yang terbilang berbeda.

Pagelaran makanan bertajuk food theatre itu menggabungkan antara menu yang disajikan dan unsur penceritaan atau storytelly. Tema yang diusung adalah ketahanan pangan Indonesia untuk dunia.

Creative Director dalam acara Spouse Program G20 Bali, Celerina Judisari, yang juga berprofesi sebagai produser film itu menceritakan konsep acara dibuat bersamaan dengan jajaran Kemenparekraf.

"Saya mau menerjemahkannya menjadi sebuah show yang mengalir mulai dari penyambutan tamu sampai kepulangan. Pementasan ini menggabungkan tiga film pendek dengan stage performans penceritaan budaya makanan sebagai penampil awal setiap menu yang akan keluar," kata Celerina dalam keterangan yang diterima detikcom.

Celerina dan tim di baliknya membuat film pendek yang menampilkan cerita hikayat Gulu dan Bhituka. Gulu adalah anak burung elang laut yang mencari keberanian untuk terbang. Gulu juga berarti G dua puluh.

Celerina Judisari sang Creative Director acara Spouse Program G20 Bali.Celerina Judisari sang Creative Director acara Spouse Program G20 Bali. Foto: dok. Istimewa

Karakter Gulu tampil dalam bentuk wayang. Alkisah, Gulu menjadi sosok nyata anak elang di panggung melalui pengadeganan yang dibawakan oleh aktor cilik Gamaliel Eleazar.

Karakter Bhituka atau yang berasal dari kepanjangan Bhineka Tunggal Ika adalah burung garuda yang berjiwa penolong dan membantu Gulu menemukan keberaniannya.

Celerina menceritakan menu yang disajikan bergolongan gastronomi yang dihidangkan mulai dari starter, menu utama sampai menu penutup. Setiap menu mewakili ekosistem Indonesia yaitu rainforerst atau hutan hujan, pesisir laut, lahan gambut, dan lahan kering.

Komentar para Ibu Negara yang hadir mengaku terkesima dengan sajian yang berbeda. Celerina menuturkan dia memposisikan makanan, Gulu sebagai aktor utama dari food theatre. "Kami menghadirkan Helianti Hilman sebagai konsultan budaya makanan, Chef Wayan Kresna Yasa, Chef Petty Elliot, dan Chef Amaury Belkhantar yang bersinergi membuat menu dengan cara artsy," sambungnya.

Bahkan acara ini mendapat sambutan meriah dari Iriana Jokowi. "Ibu mengatakan acara ini berbeda dan keren, bahkan ibu pendamping Kepala Negara Jepang, Madam Yuko Kishida juga mengapresiasi dengan positif," tukasnya.

Acara bertema The Journey, Indonesian Suistanable Living Culture dihadiri oleh Madam Maria Begona Gomez Fernandez asal Spanyol, Madam Emine Erdogan asal Turki, Madam Yuko Kishi asal Jepang, Heiko von der Leyen asal Eropa, Kim Keon Hee asal Korea Selatan sampai pendamping kepala negara China Madam Peng Liyuan.



Simak Video "Melihat Lagi Sederet Momen Viral di Acara KTT G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT