Pencipta Gundam Terima Penghargaan Budaya Jepang

ADVERTISEMENT

Pencipta Gundam Terima Penghargaan Budaya Jepang

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 08 Nov 2022 13:05 WIB
Patung Gundam Raksasa
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pencipta Gundam, Yoshiyuki Tomino, menerima Penghargaan Budaya Kanagawa yang ke-71 untuk karyanya. Gunda dianggap mampu mempengaruhi Jepang maupun luar negeri.

Yoshiyuki Tomino menerima penghargaan di Aula Prefektur Kanagawa pekan ini. Anugerah itu diberikan kepada sosok asal Jepang yang telah membuat prestasi luar biasa dalam pengembangan seni dan budaya di Prefektur Kanagawa.

"Gundam sukses mendunia dan dikenal sampai ke penjuru dunia. Atas alasan itulah, penghargaan ini diberikan kepada Yoshiyuki Tomino," ungkap keterangan Prefektur Kanagawa, seperti dilansir berbagai sumber.

Yoshiyuki Tomino lahir di Odawara Prefektur Kanagawapada, 5 November 1941. Dia menciptakan dan menyutradarai anime Mobile Suit Gundam pada 1979.

Tomino memulai debutnya sebagai seorang seniman saat bekerja di Mushi Production milik Osamu Tezuka, di mana kala itu untuk anime televisi Astro Boy.

Sepanjang kariernya, dia telah menyutradarai anime di antaranya Zeta Gundam, Gundam ZZ, Char's Counterattack, Gundam F91, Victory Gundam, Turn A Gundam, Muteki Kōjin Daitarn 3, Space Runaway Ideon, Aura Battler Dunbine, dan Gundam: Reconguista in G.

Ini bukan pertama kalinya sang mangaka menerima apresiasi positif dari negara asalnya. Pada 2021, pemerintah Jepang memberikan penghargaan kepada sosoknya sebagai Person of Cultural Merit.

Dia juga menerima penghargaan Prestasi Tokyo Anime Award Festival (TAAF) pada 2020. Badan Urusan Kebudayaan Jepang memberikan Tomino kepercayaan sebagai komisaris urusan kebudayaan di 2019. Dia juga ditunjuk sebagai pejabat Odawara atau duta dari kota kelahirannya pada Juli 2021.

Awal tahun ini, jagat maya Indonesia riuh dengan viralnya Gundam. Gundam menjadi trending Topic Twitter dan terpopuler di laman Google, karena kisah seorang pria bernama Satria Sri Sultan II yang mengunggah ke TikTok karena koleksinya dibawa pergi oleh keponakan dan tanpa izin.

Suatu hari, Satria menghubungi tantenya dan meminta agar Gundam koleksinya dikembalikan. Tapi reaksi tantenya mengejutkan. Dia diminta mengikhlaskan mainan Gundam yang dianggap seharga Rp 50 ribuan tersebut.



Simak Video "Ada Robot Mirip Gundam di Jepang Bisa Bantu Perbaikan Listrik "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT