Opera Majapahit: Gayatri Sarat Budaya Indonesia, Digelar Akhir Pekan Ini

ADVERTISEMENT

Opera Majapahit: Gayatri Sarat Budaya Indonesia, Digelar Akhir Pekan Ini

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 03 Okt 2022 20:42 WIB
Opera Majapahit: Gayatri
Foto: Istimewa
Jakarta -

Panggung pertunjukan Tanah Air kembali normal menuju penghujung 2022. Opera Majapahit: Gayatri yang pernah memukau di Edinburgh Festival Fringe 2021, kini bakal diselenggarakan di Jakarta akhir pekan ini.

Pertunjukan yang mengadopsi kakawin Nagarakretagama, yang digubah oleh empu Prapanca (Dang Arcaya Nadendra) sebelumnya mendapat ulasan yang baik di Inggris. Saat itu, C ARTS UK mengkurasi untuk online demand platform mereka.

Sutradara Opera Majapahit: Gayatri, Mhyajo, mengatakan penonton akan menikmati kekayaan dan kesakralan karakter seorang Putri Gayatri.

"Karakternya menciptakan warisan bagi dirinya sendiri dengan segenap kemampuan dan kecerdasannya berjuang untuk menjamin kelangsungan hidup, sekaligus merancang kejayaan kerajaan Majapahit," ungkap Mhyajo.

Selain Mhyajo yang bertugas sebagai sutradara, ada sejumlah nama lainnya. Ada Franki Raden, mendukung penuh sebagai sebagai pengarah musik. Dengan Kleting dan RM. Radinindra Nayaka Anilasutra, sebagai penata kostum. Beserta 19 orang pelakon, yang berasal dari berbagai daerah seperti Solo, Gianyar, Jambi, Banyumas, Yogjakarta, dan Jakarta.

"Ke-15 pelakon yang terpilih diberikan kesempatan untuk berkembang dan percaya diri. Kemudian setelahnya dapat mengembangkan sesuatu di daerah asalnya," sambungnya.

Kapokja Apresiasi dan Literasi Musik mewakili Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Edi Irawan, menuturkan opera ini awalnya merupakan program hibah dari Fasilitasi Bantuan Kebudayaan 2022.

"Opera Majapahit menjadi sebuah contoh karya yang bisa mendapatkan stimulus dari pemerintah, sehingga seniman bisa berkarya dan mewujudkan mimpi mereka ke dalam bentuk apapun," ujar Edi.

Pertunjukan opera Majapahit: Gayatri Sang Sri Rajapatni akan digelar pada Sabtu-Minggu (8/10/2022) pukul 14.00 dan 20.00 WIB di Teater Besar, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.



Simak Video "Persiapan Festival Sang Kuda Renggong Desa Ranjeng Sumedang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT