Pesta Boneka #8 Digelar Mulai Pekan Ini, Siap Meriahkan?

ADVERTISEMENT

Pesta Boneka #8 Digelar Mulai Pekan Ini, Siap Meriahkan?

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 03 Okt 2022 17:30 WIB
Pesta Boneka#8 bakal digelar 3-9 Oktober 2022.
Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Jakarta -

Festival Pesta Boneka yang kedelapan kalinya kembali diselenggarakan mulai awal pekan ini setelah absen selama 3 tahun karena pandemi COVID-19. Siap memeriahkan festival bagi para penikmat teater boneka?

Digelar sejak 2008, festival yang digelar setiap dua tahun sekalinya itu menjadi tempat berkumpulnya bagi seniman dan para pencinta teater boneka dari mancanegara. Di perhelatan kali ini, festival berlangsung dalam 3 format yakni daring, luring, dan hybrid.

Ada 35 kelompok seniman dan individu yang memeriahkannya dari 18 negara. Tahun ini, Pesta Boneka #8 mengusung tema Remembrance atau Ingatan yang dipilih untuk membingkai karya-karya yang akan disajikan dari para seniman.

Direktur Festival Teater Boneka sekaligus pendiri Papermoon Puppet Theatre, Maria Tri Sulistiyani, mengatakan Pesta Boneka menjadi festival teater boneka berskala internasional yang diselenggarakan secara independen.

"Penyelenggaraan tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena kami menggelarnya dalam tiga format yakni daring, luring, dan hybrid," ucap Ria seperti dilansir dari detikJateng.

'Lebaran' seniman dan penikmat teater boneka ini akan digelar 3-9 Oktober 2022, dengan tiga program. Pada gelaran luring atau offline juga diramaikan dengan kehadiran perajin dan bisnis lokal dalam bazar kerajinan.

Secara daring, festival akan menampilkan pementasan dan wicara seniman yang dilakukan melalui Zoom dan Website resmi www.pestaboneka.com dan bisa ditonton oleh siapa pun.

Program ini menampilkan, Krystal Puppet Theatre (Kenya), Cia. Olveira Salcedo (Spanyol), T├ęspis Cia. de Teatro (Brazil), Verdandi Theatre (Kanada), Theatre "Privet!" (Rusia), Katanari (Slovakia), Fallada Puppetworks (Kanada), Natalia Sakowicz (Polandia), Nina Vogel (Brazil), Zero en Conducta (Spanyol).

Kemudian, program hybrid pada 5 Oktober 2022. Terdapat sebuah pementasan bertajuk 'Gaung, The Meandering Room' oleh Automne 2085 (Prancis) digelar dari Paris, dan disiarkan secara langsung di Auditorium IFI Jogja. Karya ini didukung oleh Indonesien Francais Institute Yogyakarta.

Terakhir program luring pada 6-9 Oktober 2022. Nantinya akan ada serangkaian pertunjukan dan workshop akan digelar secara langsung di Kampung Media Resort.

Kemudian pada program luring ini para seniman yang terlibat berasal dari Chile, Thailand, Singapura, USA, Belanda, Indonesia, Hawai, Vietnam dan lain sebagainya.

"Pengunjung festival akan dapat menikmati berbagai sajian pertunjukan dari seniman individu dan grup dari 18 negara. Setiap pertunjukan yang dilakukan oleh seniman akan diikuti oleh sesi bincang-bincang dengan penonton," tukasnya.



Simak Video "Geger Hayu Festival Hari Kedua di Sukabumi Dibatalkan Mendadak"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT