ADVERTISEMENT

Bamsoet Dukung Pameran Seni Lukis 'VArtCine' Kelompok Seniman Bali

Inkana Izatifiqa R Putri - detikHot
Selasa, 13 Sep 2022 15:14 WIB
MPR
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung rencana Kelompok Seniman Bali (KSB) terkait penyelenggaraan pameran lukisan bertajuk VArtCine, di Imperial Golf Lippo Karawaci pada 23 Oktober mendatang.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menyampaikan pameran ini mengungkapkan sebuah pesan bagi masyarakat untuk tidak mengendurkan semangat dan melemahkan hati, serta tetap memasung pikiran untuk tetap bekerja dan berkarya selama pandemi.

"Sekaligus membuktikan bahwa karya lukis KSB tidak sekedar diakui di internal Bali, tetapi juga mendapatkan apresiasi dan tempat istimewa di hati penikmat seni dari berbagai daerah di luar Bali, bahkan hingga dunia internasional," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis, Selasa (13/9/2022).

Hal ini ia sampaikan usai menerima KSB, Nyoman Sujana Kenyem, Wayan Suastama, Made Dolar Astawa dan Ketut Kabul Suastama di Bali.

Ketua DPR RI ke-20 ini pun menjelaskan karya seni seperti lukisan telah menjadi sarana untuk menggambarkan realita sosial secara jujur dan objektif karena terlepas dari konflik kepentingan. Oleh karena itu, pameran lukisan dapat menjadi stimulus bagi pemangku kepentingan untuk mempertajam kepekaan batin dan memperbaiki hal yang seharusnya diperbaiki.

"Berbagai karya lukis yang dipamerkan oleh KSB ini nantinya menjadi penegasan atas konsistensi dan kesetiaan mereka dalam memotret realita sosial dalam perspektif spiritualitas. Karya-karya lukisan yang dipamerkan adalah manifestasi dari ekspresi seni dan aktualisasi ide dan.gagasan KSB dalam memandang dunia," jelasnya.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini pun mengungkapkan masyarakat yang datang ke pameran lukisan VArtCine akan mendapatkan kesan yang mendalam. Selain itu, pameran ini akan memberikan kesempatan bagi penikmat seni lukis untuk mengeksplorasi ciri khas karya-karya KSB dengan leluasa.

"Sebuah lukisan akan menghadirkan beragam pemaknaan di benak masing-masing pengunjung, tergantung dari cara pandang masing-masing. Meskipun dapat dimaknai dengan berbagai persepsi dan asumsi. Pada hakekatnya karya seni dilahirkan untuk satu tujuan, yaitu menyajikan kesan mendalam bagi penikmatnya. Apresiasi kita terhadap karya seni anak negeri adalah bentuk keberpihakan kita terhadap penguatan kedaulatan budaya bangsa," pungkas Bamsoet.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT