Mengenal Bidu, Tarian Khas NTT untuk Sambut Tamu hingga Cari Jodoh

ADVERTISEMENT

Tapal Batas

Mengenal Bidu, Tarian Khas NTT untuk Sambut Tamu hingga Cari Jodoh

Angga Laraspati - detikHot
Kamis, 08 Sep 2022 16:59 WIB
Tari Bidu
Foto: detikcom/Andhika Prasetia

"Jadi ketika kita proses melangsungkan acara itu berjalan lancar artinya tidak ada hambatan, karena kepercayaan di sini seperti itu, kita harus permisi dulu dan boleh melakukan aktivitas di dalam rumah adat," kata Bitan.

Bitan pun mengajarkan tarian ini kepada anggota sanggarnya yang berjumlahkan kurang lebih 100 orang. Di sanggar yang didirikan pada 2017 ini, Bitan sedikit mengkreasikan tari bidu yang ada dengan beberapa sentuhan. Seperti di musik, Bitan mengkreasikan tarian bidu diiringi dengan gitar, biola, dan sasando.

"Sasando ini sebenarnya alat musiknya (Pulau) Rote, tapi di sanggar karena kita mengkreasikan beberapa unsur kesenian, sehingga kadang kita mengkombinasikan beberapa alat musik untuk menciptakan satu musik pengiring untuk karya kami," ujar Bitan.

Bitan mengatakan sanggar ini dibuat untuk menjadi wadah anak-anak lokal meningkatkan potensi di bidang kesenian. Kebanyakan dari mereka pun diajarkan untuk menyanyi, menari hingga kesenian lainnya dengan seorang tutor yang mengajarkan sesuai minat anak-anak.

"Awalnya dibuat sanggar karena di sini kita lihat bahwa anak-anak itu tumbuh masa remaja itu masih banyak yang belum menemukan wadah atau komunitas yang membantu mereka untuk meningkatkan potensi yang ada di mereka dalam hal ini kesenian," ungkap Bitan.

"Sanggar Sandalwood kita belajar semua kesenian, jadi apapun itu selama itu bernilai estetik selama ada unsur seni dan budaya kita belajar, secara khusus kita belajar budaya lokal dan secara umum kita belajar budaya nusantara," sambungnya.

Sebagai informasi, detikcom bersama BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas perkembangan ekonomi, infrastruktur, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan Indonesia. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!



Simak Video "Kisah di Balik Resort Satu-satunya di Kota Kecil Wini"
[Gambas:Video 20detik]

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT