Sambo Remaja Vs Sambo <i>30 Years Later</i>

ADVERTISEMENT

Sambo Remaja Vs Sambo 30 Years Later

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 02 Sep 2022 16:24 WIB
Karya Rekayasa Ferdy Sambo Tua Ciptaan Agan Harahap
Agan Harahap merekayasa foto Sambo ketika tua. Foto: Courtesy of Agan Harahap/ Instagram

Setelah penayangan siaran langsung rekonstruksi kejadian pembunuhan tersebut dan laporan Komnas HAM kemarin, Agan Harahap tidak tinggal diam. Dia membuat versi foto Sambo yang diberi judul '30 Tahun Kemudian'.

Dalam keterangan foto itu, kata ganti 'saya' yang dipakai oleh Agan Harahap adalah personifikasi dirinya seperti seorang jurnalis.

Karya Rekayasa Ferdy Sambo Tua Ciptaan Agan HarahapKarya Rekayasa Ferdy Sambo Tua Ciptaan Agan Harahap Foto: Courtesy of Agan Harahap/ Instagram

Agan membuat seolah-olah dirinya adalah jurnalis yang sedang memotret kawasan rutan dan terlihat kakek tua yang kerap meracau tentang harkat martabatnya berulang kali. Bahkan ia menyebut laki-laki tua itu menderita gangguan jiwa.

Agan mengatakan foto Sambo '30 Tahun Kemudian' bermula dari keisengannya setelah menonton laporan Komnas HAM kemarin. "Membayangkan kira-kira bagaimana bentukan FS dan kira-kira bagaimana nasibnya 30 tahun ke depan," ungkap Agan.

Nama Agan Harahap sudah melanglang buana di dunia fotografi dan seniman. Ia memulai kariernya sebagai seorang fotografer sebelum berkecimpung sebagai seniman visual. Pria bernama lengkap Yohanes Paganda Halasan Harahap juga kerap membuat meme kombinasi dari satir dan parodi atas kejadian sehari-hari.



Simak Video "Irjen Ferdy Sambo, Awalnya Belasungkawa Ternyata Dia Pelakunya"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT