#77PortraitAnakBangsa

Nyoman Nuarta, Seniman yang Membuat Desain Istana di Ibu Kota Baru

Arief Budiman - detikHot
Kamis, 11 Agu 2022 14:37 WIB
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G/Foto: Dok. OPPO
Jakarta - Perancang Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) baru, Nyoman Nuarta terkenal sebagai Seniman yang menghasilkan berbagai macam karya seni rupa ikonik yang tersebar dimana-mana. Beliau sejak kecil sudah tumbuh besar di lingkungan yang erat dengan budaya, oleh sebab itu ia terjun menyukai dunia seni.

Bagaimana perjalanan karier Nyoman Nuarta dibidang seni selama ini sehingga sampai dipilih menjadi perancang desain istana presiden yang ada di Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur? Berikut profil Nyoman Nuarta, seniman asal Bali kelahiran Kabupaten Tabanan.

Nyoman Nuarta merupakan seorang seniman yang berasal dari Bali, Ia lahir di Kabupaten Tabanan pada tanggal 14 November 1951. Latar belakang pendidikan beliau ialah Jurusan Seni Patung, Departemen Seni Rupa, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Selama menempuh pendidikan sebagai mahasiswa, Nyoman Nuarta menorehkan banyak sekali prestasi salah satunya adalah Sayembara Monumen Proklamator. Selain itu ia juga memperoleh penghargaan Satyalencana Kebudayaan dari Pemerintah RI (2014), penghargaan Sri Padma dari Pemeringtah India (2018), gelar Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi Bandung (2021), penghargaan Chevalier dans l'Ordre des Arts et Lettres dari Pemerintah Perancis (2021), Habbie Prize (2021)

Selain meraih banyak gelar penghargaan, Nyoman Nuarta juga turut aktif dalam berorganisasi. Saat ini dia tercatat sebagai anggota The International Sculpture Center Washington sejak tahun 1998, Serta ia juga menjadi anggota The Royal British Sculpture Society London dari tahun 1996.

Sebagai Dewan Penasehat Bali Recovery Program, Nyoman Nuarta juga pernah menjadi konsultan di BPP Technology For The Center of Ceramic Development Project di Bali sejak tahun 1981 hingga 1982 dan Ia juga menjadi dosen tamu di Program Magister Management Business Administration ITB sejak tahun 1991 hingga saat ini.

Selama ini, Nyoman Nuarta dikenal sebagai seniman yang berdedikasi tinggi terhadap Negara Republik Indonesia. Salah satu karyanya terhadap kecintaan negeri ini ialah rancangan bentuk Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan dan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di Bali.

Karya-karya Nyoman Nuarta lainnya ialah Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya dan Patung Arjuna Wijaya yang terletak di Jakarta. Selain itu, pada tahun 2000, Nyoman Nuarta mendirikan sebuah NuArt Sculpture Park di Bandung. Isi dari NuArt Sculpture Park mulai dari, museum, galeri, ruang teater, restoran, studio, dan bengkel kerja.

Sebagai informasi, foto 77 Potret Anak Bangsa di atas diabadikan oleh kamera OPPO Reno8 Pro 5G 'The Portrait Expert'. Ponsel ini dilengkapi chipset MariSilicon X, memberikan performa AI terbaik dalam mengolah foto maupun video bahkan saat kondisi minim cahaya.

OPPO Reno8 Pro 5G mampu membuat siapa pun dapat menghasilkan karya dan mengekspresikan diri tanpa batas melalui teknologi yang dimiliki, desain yang memukau dan performa paling unggul. Kamu juga bisa berpartisipasi dalam kampanye 77 Potret Anak Bangsa di Instagram OPPO Indonesia, kunjungi website resmi OPPO Indonesia untuk informasi lebih lanjut melalui tautan ini. (akn/ega)