ADVERTISEMENT

Bunyamin Wari, Fotografer Landscape yang Sukses Raup Prestasi di Kancah Dunia

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 08 Agu 2022 11:55 WIB
bunyamin wari
Bunyamin Wari, Fotografer Landscape yang Sukses Raup Prestasi di Kancah Dunia. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Skena seni potret pasti kenal dengan nama Bunyamin Wari. Ia diketahui berhasil mencanangkan nama Indonesia di kancah dunia.

Pria yang akrab disapa Beny itu sebenarnya memang telah menjadi salah satu fotografer landscape andalan Indonesia dengan ciri khas hasil jepretan foto alam liarnya yang memiliki karakter unik dengan tone warna dramatis.

Karyanya menjadi jauh lebih spesial lantaran Beny mengaku selalu menyatukan rasa di dalam hasil jepretannya. Tak jarang, ia pun mendapat sanjungan dari banyak pecinta fotografi landscape dalam maupun luar negeri.

"Menurut saya, foto landscape itu bukan hanya sekadar foto, namun harus dapat menceritakan feeling yang saya rasa kala itu," ujar Beny perihal karya-karyanya.

"Saya cenderung menyukai foto-foto dramatic, karena dapat menyajikan sesuatu yang tidak biasa dan tentunya memiliki nilai art tersendiri," sambungnya.

Dengan keahlian dan keunikannya, pria asal Gresik itu kerap kali berhasil menyabet berbagai penghargaan bertaraf internasional mewakili Indonesia. Di antaranya mulai dari International Photography Awards (IPA) 2021, Nature Best Photography Asia 2021, Momorial Maria Luisa 2021, dan banyak award lainnya.

Bicara mengenai awal mula berkarier, sebelum terjeremus menjadi fotografer landscape, Beny telah lebih dulu menyukai alam beserta isinya.

Berangkat dari kegemarannya tersebut, ia pun ingin menunjukkan betapa indahnya alam yang ia lihat dan akhirnya memilih seni potret sebagai mediumnya.

"Saya sangat menyukai alam dan saya ingin mengabadikan keindahan alam dan kemudian berbagi pengalaman. Apa yang saya lihat dengan mata kepala saya sendiri harus sama indahnya dengan yang dilihat orang banyak. Caranya ya melalui photography landscape," tuturnya.

Beny yang kerap membagikan hasil karyanya melalui Instagram pribadi (@benysukasuka18), kini telah melakukan banyak perjalanan bersama kolega, teman, dan keluarganya ke berbagai tempat yang menyuguhkan keindahan alam.

Tak jarang, ia juga pergi ke tempat-tempat tak berpenghuni sampai luar negeri untuk mengabadikan sisi alam yang tidak pernah di pandang mata sebelumnya.

(mau/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT