ADVERTISEMENT

Awas Tertipu! Karya Seni di ARTJOG 2022 Ini Bukan Makanan Asli

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Sabtu, 09 Jul 2022 18:29 WIB
ARTJOG 2022: Saatnya Rayakan Lebaran Seni di Yogyakarta. ARTJOG digelar di Jogja National Museum pada 7 Juli-4 September 2022.
Foto: Delia Arnindita Larasati/ detikHOT
Yogyakarta -

Sebanyak 61 seniman ikut memamerkan karyanya di ARTJOG 2022. Salah satu yang mencuri perhatian adalah kolaborasi Mulyana dengan Parti Gastronomi.

Mereka berkolaborasi membuat seni rajutan food monster yang merupakan salinan dokumentasi kegiatan Mulyana saat menjalai karantina selama 2 minggu di Korea Selatan. Kala itu, ia menjadi seniman residensi dan harus menjalani karantina sebelum diperbolehkan memasuki Korea Selatan.

Setiap harinya, ia mendapatkan menu bento yang berisi berbagai makanan. Dengan beragamnya sayur, lauk, dan warna-warna menarik di dalamnya, Mulayana pun terinspirasi untuk membuat sebuah karya.

"Idenya timbul pas pandemi. Selama 2 minggu boring, apa ya yang perlu dikerjain? Sebagai seniman biar nggak bosan akhirnya aku ngerangkai bento," ujar Mulyana saat ditemui di acara pembukaan ARTJOG 2022 yang digelar di Jogja National Museum, Yogyakarta pada Kamis (7/7).

ARTJOG 2022ARTJOG 2022 Foto: Kolaborasi Mulyana dan Parti Gastronomi di ARTJOG 2022. (dok. Delia/detikcom)

"Dari bento itu terus (makanannya) aku ubah-ubah jadi bentuk monster. Setelahnya aku foto terus si foto ini diubah jadi rajutan," lanjutnya.

Untuk menggarap hasil rajutan yang dipamerkan, Mulyana membutuhkan waktu lima bulan untuk menyelesaikannya. Berkolaborasi dengan Parti Gastronomi, Mulyana pun membawa unsur Indonesia ke dalam karya rajutannya.

"Kan di Korea bento, di sini nasi bungkus. Makanya aku buat ada nasi jamblang, nasi kucing, sama nasi jinggo dari Indonesia. Sama kayak sebelumnya, aku susun-susun pas udah jadi monster aku buat jadi rajutan. Lewat karya ini aku ingin menyebarkan kesadaran kalau dengan keadaan terhimpit kita masih tetap bisa berkreasi, bersenang-senang. Fun-nya kita cari terhadap makanan, bagaimana mengapresiasi makanan. Bukan hanya enaknya makanan," jelas Mulyana.

"Pas pulang, aku karantina juga kan di Indonesia, duh, nggak karu-karuan kan. Padahal selama pandemi itu gizi harus dicukupi, harus senang kan. Makanya pas di Korea senang soalnya (makanan yang didapat) warna-warni. Balik ke Indonesia kok gini banget? Makanya aku ingin berbagi menu makannya, aku taruh menu-menunya. Aku juga bisa share cara untuk have fun itu gimana," pungkasnya.

Karya Mulayana dan Parti Gastronomi masih bisa ditemui di ARTJOG 2022. Festival kesenian ini akan digelar hingga 4 September 2022.



Simak Video "Menyelami "Catatan Pinggir Jurang" Karya Alex Abbad di ARTJOG 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT