ADVERTISEMENT

Patung Balon Jeff Koons Laku Rp 183 M, Disumbangkan Buat Ukraina

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 29 Jun 2022 14:26 WIB
Patung Jeff Koons Berjudul Balloon Monkey
Patung ciptaan Jeff Koons sukses dilelang Rp 183 miliar dan kini disumbangkan buat masyarakat Ukraina. Foto: Courtesy of Christie's London
Jakarta -

Jeff Koons dikenal sebagai salah satu seniman terkaya di dunia. Salah satu karya ikoniknya, Balloon Monkey (Magenta), yang dibuat pada 2006 sukses terjual di Balai Lelang Christie's senilai Rp 183 miliar. Wah!

Patung balon ciptaan Jeff Koons itu didaulat sebagai harga lelang tertinggi di abad 20/21 yang pernah berlangsung di London, Inggris.

Balai lelang Christie's mengumumkan mengenai kabar pelelangan tersebut. Dalam unggahan terbarunya, Christie's menuturkan karya ciptaan Jeff Koons itu dijual dari koleksi milik Pinchuk Art Centre, Kyiv, Ukraina.

"Patung ini ditawarkan dari koleksi Victor dan Olena Pinchuk. Hasil penjualan juga untuk mendukung bantuan kemanusiaan di Ukraina," tulis keterangan Balai Lelang Christie's, London.

Hasil pelelangan Rp 183 miliar juga disumbangkan untuk membantu tentara dan warga sipil yang terluka. Serta membutuhkan perawatan medis, prostetik, dan rehabilitasi.

Jeff Koons disebut membuat patung berbentuk monyet selama 7 tahun lamanya. Meski dibuatnya terkesan mirip dengan material balon, namun seniman asal AS itu tetap menyebutnya sebagai patung.

Dia membuktikan patung ciptaannya menjadi karya seni paling dicari. Balloon Monkey pun salah satu dari lima versi unik yang dibentuk dari baja tahan karat yang dipoles dengan lapisan warna transparan.

"Balon Monyet ini melambangkan harapan, penegasan, transendensi. Bagi saya, patung ini dilelang untuk mendukung rakyat Ukraina, maka saya akan mendukungnya 100 persen," kata Jeff Koons.

Pria bernama lengkap Jeffrey Lynn Koons dikenal karena karyanya yang bersinggungan dengan budaya populer. Patung-patungnya menggambarkan benda sehari-hari termasuk hewan balon yang diproduksi dari baja tahan karat dengan permukaan layaknya cermin.

Saat ini, Jeff Koons tinggal di New York dan kampung halamannya di York, Pennsylvania. Karya-karya sukses terjual fantastis, ada dua rekor lelang yang pernah terjual.

Di antaranya patung Balloon Dog (Oranye) senilai Rp 866 miliar pada 2013. Pada 2019, karya Jeff Koons lainnya yang berjudul Rabbit juga laku terjual Rp 1,3 triliun.



Simak Video "Keluarga Nirina Zubir Tetap Ingin Terdakwa Dihukum Seberat-beratnya"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT