ADVERTISEMENT

Sukses di Jakarta dan Yogyakarta, Pos Bloc Kini Hadir di Medan

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 14 Apr 2022 17:30 WIB
Pos Bloc Medan
Foto: Istimewa
Jakarta -

Setelah sukses meresmikan Pos Bloc Jakarta pada Oktober 2021, akhirnya Pos Bloc hadir di kota lainnya. Medan dipilih sebagai ruang kreatif terbaru berbasis komunitas.

Proyek Pos Bloc Medan rencananya bakal merevitalisasi gedung kantor pos Medan yang berusia sekitar 111 tahun. Bangunan tersebut bakal menjadi creative-hub multifungsi dari berbagai komunitas kreatif dan UMKM.

Sejak ratusan tahun yang lalu, gedung kantor Pos Medan telah menjadi landmark kota Medan. Di sekitarnya ada sejumlah bangunan bersejarah lainnya seperti Balaikota, Bank Indonesia, hingga Hotel De Boer.

Uniknya, bangunan itu tidak sepenuhnya bergaya Eropa seperti gedung era kolonial lainnya namun sudah mengadopsi gaya lokal setempat.

Komisaris Pos Bloc sekaligus co-founder M Bloc Group, Handoko Hendroyono, mengatakan sekarang penting sekali untuk memajang karya lokal yang semakin dekat dengan ruang publik.

"Sudah saatnya berbagai jenama lokal terbaik negeri ini dipersatukan dan didukung dengan etalase yang strategis dan keren seperti Pos Bloc Medan yang terletak di jantung ibu kota Sumatera Utara," imbuh Handoko dalam keterangannya.

Kantor Pos Medan yang terletak di jantung kota Medan, tepatnya di Jl Pos No.1, kawasan Kesawan ini memiliki luas bangunan 1.200 meter persegi, lebar 20 meter, panjang 60 meter serta tinggi 20 meter. Gedungnya dirancang oleh arsitek Belanda bernama Ir. Simon Snuyf dari Burgelijke Openbare Werken (BOW), semacam Dinas Pekerjaan Umum Hindia Belanda.

Bangunan kantor pos ini pertama kali dibangun pada 1909 dan rampung pada 1911. Lokasinya persis berseberangan dengan Lapangan Merdeka yang pada zaman kolonial dulu disebut Esplanade, ruang terbuka utama di depan Gedung Balaikota.

Nantinya di area gedung yang telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya sesuai UU No 10 Tahun 2010 dan Peraturan Daerah Kota Medan No.2 Tahun 2012 tersebut akan hadir banyak tenant UKM/UMKM yang bergerak di berbagai bidang industri kreatif.

Seperti kuliner, musik, film, fashion, hingga kriya. Beragam program kolaborasi dengan berbagai komunitas kreatif telah dirancang pula untuk digelar di sana. Setidaknya dua ruangan di gedung tersebut rencananya juga akan dialihfungsikan menjadi venue musik yang diberi nama Pos Bloc Live House serta M Bloc Market, toko kelontong masa kini yang menjual berbagai produkUKM/UMKM terkurasi.

Pos Bloc Medan yang digarap oleh PT Ruang Kreatif Pos merupakan bagian dari M Bloc Group yang sebelumnya telah sukses mewujudkan ruang kreatif publik. Ada di M Bloc Space di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Pos Bloc Jakarta di Pasar Baru, JNM Bloc di Yogyakarta, hingga Fabriek Bloc di Padang, Sumatera Barat.



Simak Video "Menilik Kuliner hingga Kreasi UMKM ala Medan di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT