Anna Delvey Bakal Jual 20 Karya Seni Senilai Rp 143 Juta

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 25 Mar 2022 19:25 WIB
Anna Delvey dalam serial Inventing Anna
Anna Delvey dalam serial Inventing Anna yang tayang di Netflix. Foto: Instagram @inventinganna
Jakarta -

Nama Anna Sorokin atau Anna Delvey dikenal sebagai seorang penipu yang menipu kalangan atas kota New York, AS. Popularitasnya kembali mencuat usai kisah hidupnya diadaptasi jadi serial televisi oleh Netflix.

Di balik nama Anna Delvey yang dicap sebagai penipu, ia dikabarkan segera menjual 20 karya seni ciptaannya pada awal April 2022.

Berita ini dilaporkan oleh Art News yang disebutkan karya seninya dibuat di pusat penahanan ICE tempat dia saat ini ditahan. Saat ini, ia kembali ditangkap dan diketahui bakal dideportasi ke Jerman.

Perwakilan Anna Delvey, Chris Martine, yang diketahui berasal dari Founders Art Club mengatakan gaya karya seni Anna Delvey merupakan persilangan antara sketsa fesyen dan komik satir.

"Dia punya gaya yang menarik, tapi yang lebih penting adalah hal-hal yang tidak berwujud dia bawa ke meja. Orang-orang hanya terpesona oleh Anna Delvey," ungkapnya.

Founders Art Club merupakan organisasi seni yang didirikan Anna Delvey sebagai badan penasihat dan kelompok kolektor berpengaruh di dunia. Dalam serial dokumenter Inventing Anna yang tayang di Netflix, ia juga diceritakan tengah membangun sebuah lembaga seni elite bagi kolektor dan penikmat seni New York.

Kepada Art News, Anna Delvey disebut punya 20 karya seni yang siap dijual untuk pameran tunggalnya. Masing-masing karya dibanderol seharga Rp 143 juta.

Founders Art Club juga punya daftar tunggu bagi mereka yang ingin menghadiri pameran tunggalnya. Karya seni yang dijual pun terbatas dan informasi berikutnya bakal dipublikasikan di situs resmi Founders Art Club.

Di dalam bui, Anna Delvey membuat beberapa sketsa dengan format besar. Martine menegaskan sahabatnya itu menolak menggunakan kanvas yang lebih besar.

Selain Anna Delvey, Founders Art Club juga didirikan oleh penipu ulung di dunia seni yang terkenal lainnya. Dia adalah Alfredo Martinez.

Alfredo Martinez dipenjara selama 21 bulan pada 2002 usai menjual lukisan palsu Jean-Michel Basquiat yang dibuatnya. Dia pun menjual kepada seorang kolektor dengan harga sekitar Rp 1,4 miliar.

"Ketika Alfredo di penjara, dia membuat karya seni dan menjualnya. Jadi jelas, dia adalah pasangan yang sempurna untuk membantu Anna membuat pameran tunggalnya," tukasnya.



Simak Video "Dubes RI untuk AS: Marshanda Sudah Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)