ADVERTISEMENT

Goenawan Mohamad Gelar Pameran Tunggal di Museum OHD Magelang

Eko Susanto - detikHot
Minggu, 24 Okt 2021 12:32 WIB

Menurut Gus Mus, Goenawan Mohamad sudah beberapa kali menggelar pameran. Baginya, GM menggelar pameran tidak mengherankan, namun bagi yang tidak mengikutinya mungkin kaget.

"Ini sudah keberapa kalinya Mas Goen bikin pameran ini. Kalau dari segi, Mas Goen pameran nggak mengherankan, tapi mungkin bagi mereka yang tidak mengikuti kegiatan beliau akhir-akhir ini, mereka mungkin kaget. Beliau tiba-tiba menjadi pelukis yang lukisannya tidak kalah dengan pelukis-pelukis yang dikenal itu," kata Gus Mus.

"Tapi lukisannya lukisan yang matang, penuh dengan perenungan dan selama ini orang hanya mengenal sebagai budayawan, sebagai sastrawan, penulis," tuturnya.

Pembukaan pameran tunggal karya Goenawan Mohamad di Museum OHD, Kota Magelang, Jawa Tengah.Pembukaan pameran tunggal karya Goenawan Mohamad di Museum OHD, Kota Magelang, Jawa Tengah. Foto: Eko Susanto/detikcom

Gus Mus menambahkan, Goenawan Mohamad memanfaatkan waktu yang luar biasa. Semuanya diisi dengan sesuatu yang ada manfaatnya.

"Sebetulnya beliau (GM) itu suka tantangan, jadi kalau nulis sudah nggak ada tantangan, ngelukis dia dapat tantangan dan itu asyik sekali. Asyik melawan tantangan, apalagi ini melukis potret itu kan harus teliti, ketelitian," katanya.

Ia mengatakan, seni itu esensinya keindahan. Untuk itu, semua orang mempunyai sense of seni, cuma diasah atau tidak.

"Mestinya semua orang itu (seni) mempunyai sebetulnya mempunyai sense of seni, cuma diasah atau tidak, itu saja. Sama dengan orang mempunyai akal, dia bisa diasah menjadi orang pandai, ada yang tidak. Nah dalam hal seni itu juga begitu, kita punya rasa, itu kalau diasah bisa menjadi seniman, paling tidak jadi pengamat seni, jadi pecinta seni," ujarnya.

Kurator pameran tunggal Goenawan Mohamad, Wahyudin mengatakan, selama lima tahun belakang ini Goenawan Mohamad telah melakukan pameran sebanyak 10 kali di 11 ruang pameran.

"Pameran ini kali adalah pameran yang ke-10 atau pameran yang kedua di tahun ini, di tahun saat Goenawan Mohamad mencapai usia 80. Dalam 10 kali pameran itu sependek catatan saya yang bisa saja keliru, Goenawan Mohamad telah menciptakan sekitar 500 karya yang di atas kertas, 100-an lukisan berbahan akrilik dan minyak di kanvas. 99 persen dari 600-an karya itu berpokok perupaan potret," katanya.

Pembukaan pameran tunggal karya Goenawan Mohamad di Museum OHD, Kota Magelang, Jawa Tengah.Pembukaan pameran tunggal karya Goenawan Mohamad di Museum OHD, Kota Magelang, Jawa Tengah. Foto: Eko Susanto/detikcom

"Saya ingin mengedepankan bahwa potret ini adalah salah satu karya penting dari Goenawan Mohamad selama 5 tahun terakhir berkarya terutama potret-potret manusia, binatang, wayang," kata dia.

"Di usianya yang sudah 80 ternyata dia masih senang dengan segala hal berbau tantangan, jadi itu memberikan saya semangat di usia yang separo darinya untuk mencari hal-hal yang menantang. Nah selain itu, ada sesuatu yang saya kira tidak kalah penting menurut Goenawan Mohamad melukis potret itu ada daya tarik etis, daya tarik yang mendalam dalam seni potret terutama untuk memberikan penghormatan kepada wajah," katanya.


(dar/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT