Melihat La Muralla Roja, 'Apartemen Squid Game' di Spanyol

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 16 Okt 2021 06:30 WIB
La Muralla Roja
(Foto: dok. DREAMSTIME.COM.) Di Manzanera, Calpe, Spanyol, ada bangunan bernama La Muralla Roja yang disebut menginspirasi Squid Game. Lihat tampilannya yuk!
Jakarta -

Kalau kamu sudah menyaksikan Squid Game, kamu pasti akrab dengan pemandangan sebuah bangunan berdinding warna-warni, punya banyak tangga, dan orang-orang berpakaian pink dan topeng melintas di lorong-lorongnya. Ada yang bilang ide visual Squid Game itu terinspirasi dari sebuah bangunan bernama La Muralla Roja di Spanyol.

Squid Game kini jadi serial paling banyak disaksikan di Netflix sepanjang sejarah. Semua hal yang berhubungan dengan drama Korea ini pun jadi pusat perhatian. Termasuk bangunan dengan tangga yang kerap tampil sebagai bagian dari promo Squid Game.

Di Manzanera, Calpe, Spanyol, ada bangunan bernama La Muralla Roja yang sudah berusia 50 tahun. Bangunan yang secara harfiah berarti Dinding Merah itu terlihat mirip dengan visual yang ditampilkan dalam Squid Game. Bahkan ada yang menyebut bahwa Squid Game terinspirasi dari La Muralla Roja.

La Muralla RojaLa Muralla Roja Foto: dok. DREAMSTIME.COM.

La Muralla Roja didesain mirip labirin dengan konsep postmodern. Bangunan ini sejatinya merupakan apartemen dengan 50 kamar di dalamnya. Setiap pintu punya fungsi berbeda mulai dari studio hingga tempat tinggal dengan tiga kamar.

La Muralla Roja didesain oleh arsitek kenamaan Ricardo Bofill pada 1968. Butuh waktu lima tahun untuk menyesaikan bangunan ini sesuai dengan ide dari sang arsitek sehingga akhirnya semuanya selesai pada 1973.

Jauh sebelum Squid Game populer, La Muralla Roja sudah jadi pusat perhatian dan jadi lokasi turis yang populer. Beberapa ruangan di tempat ini juga bisa disewa untuk ditempati lewat Airbnb. Tentu saja minus ketakutan dan orang-orang yang akan membunuh setiap saat seperti dalam dramanya.

La Muralla RojaLa Muralla Roja Foto: dok. DREAMSTIME.COM.

Salah satu yang menjadi pesona dari La Muralla Roja adalah tangga-tangganya yang dibangun dengan estetik. Tidak ketinggalan juga pemilihan warna yang digunakan sebagai cat dari lokasi ini sangat terlihat segar dan fotogenik.

Di sekitar La Muralla Roja ada bukit-bukit indah dan juga tebing yang menjurus ke Laur Balearic. Tempat ini juga dilengkapi dengan kolam renang, teras atap, dan ruang rekreasi untuk para penghuni dan tamu.

Masing-masing bagian dari La Muralla Roja dicat dengan warna berbeda. Warna ini sekaligus memberi kemudahan untuk memberitahukan lokasi saat mengunjunginya. Setiap apartemen terhubung dengan sebuah plaza dengan konsep terbuka sehingga cahaya alami tetap menyirami lokasi ini.

La Muralla RojaLa Muralla Roja Foto: dok. DREAMSTIME.COM.

Ada tiga warna yang mendominasi La Muralla Roja: pink, biru, dan ungu. Masing-masing dicat di tempat yang berbeda.

Kalau Squid Game terinspirasi dari La Muralla Roja, tempat ini pun terinspirasi dari seniman Belanda Maurits Cornelius Escher. Dikutip dari laman Esquire, sang seniman merupakan pioner untuk tangga subterranean dan juga seni geometri rumit yang mustahil.

Simak juga ''Squid Game' Dinilai Seperti Fenomena 'Gangnam Style':

[Gambas:Video 20detik]



(aay/wes)