Tokyo Comic Con 2021 Terpaksa Batal Gegara COVID-19, Pindah ke 2022

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 03 Okt 2021 10:44 WIB
comic con new york
Foto: Ali Reza Malik via Bored Panda
Jakarta -

Pandemi membuat sejumlah acara yang digelar besar-besaran terpaksa batal. Salah satunya adalah Tokyo Comic Con 2021 yang seharusnya berlangsung tahun ini atau hampir dua tahun usai virus COVID-19 merajalela di dunia.

Pekan ini, penyelenggara Tokyo Comic Con 2021 mengumumkan membatalkan acara karena kasus COVID-19 yang belum mereda di Jepang.

"Kami terpaksa membatalkannya karena kasus COVID-19 dan membuat situasi negara Jepang dan mancanegara belum sepenuhnya mereda," tulis keterangan penyelenggara Tokyo Comic Con, dilansir dari berbagai sumber, Minggu (3/10/2021).

Jika sesuai jadwal, Tokyo Comic Con seharusnya bakal berlangsung di Makuhari Messe, Prefektur Chiba pada 3-5 Desember.

Penyelenggara juga mengumumkan kalau Tokyo Comic Con 2022 tetap digelar tahun depan pada 25-27 November di Makuhari Messe, Prefektur China. Acara festival budaya populer Osaka Comic Con pertama juga dijadwalkan awal musim panas atau pertengahan tahun 2022.

"Untuk Osaka Comic Con 2022, kami memilih lokasi yang lebih baru di venue Intex Osaka," ucap penyelenggara.

Pembatasan acara comic con di Jepang bukan pertama kalinya terjadi. Tokyo Comic Con 2020 juga terpaksa batal dan digelar secara online karena pandemi COVID-19 yang kasusnya masih tinggi.

Dalam sejarahnya, acara Comic Con pertama kali dipopulerkan di San Diego, Amerika Serikat, sekitar 45 tahun yang lalu. Festival yang menggabungkan antara karakter di komik, animasi, layar lebar, video games, costume player (cosplay) sampai budaya populer lainnya merambah ke mancanegara.

Sama halnya dengan Tokyo Comic Con, festival menggabungkan antara komik, manga, anime, dan video games bagi para penggemarnya.

Pencinta budaya pop juga bisa bertemu dengan para seniman yang ada di belakang layar dan memakai cosplay sesuai dengan karakter yang diinginkan.

[Gambas:Video 20detik]



(tia/dal)