10 Koreografer Indonesia dan Jerman Terlibat di Pentas Daring Bodies of Care

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 30 Sep 2021 17:30 WIB
Pertunjukan Daring Bodies of Care
Foto: Goethe-Institut Indonesien/ Istimewa
Jakarta -

Sepuluh koreografer Indonesia dan Jerman mengundang publik untuk berpartisipasi mengeksplorasi hubungan antara seni tari dan sikap peduli lewat pentas bertajuk Bodies of Care. Bagi pecinta seni tari yang ingin menonton, bisa melihat di laman Norrm Radio mulai 25 September 2021.

Bodies of Care merupakan karya eksperimental yang diproduksi dan diorganisasi oleh Goethe-Institut Indonesien dan Sasikirana KoreoLAB dan Dace Camp.

Ke-10 koreografer menciptakan koreografi bersama seniman asal Solo Melati Suryodarmo dan kolektif media asal Jerman, LIGNA.

"Karya ini adalah hasil proses pengembangan artistik secara daring yang intensif yang melibatkan 10 koreografer dan penari," ucap Melati Suryodarmo, dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Mereka melakukan kolaborasi melalui serangkaian lokakarya eksploratif mulai dari Juni sampai September 2021. Para koreografer yang terpilih mencoba untuk mendefinisikan rasa peduli komunitas dalam hubungan dengan profesi mereka sebagai koreografer.

"Mereka menciptakan dengan menyelaraskan kenyataan digital dan analog melalui konteks sosial yang beragam," katanya.

Para koreografer juga menjalin hubungan antarsesama kolaborator dari Indonesia dan kota-kota di Jerman.

"Kami juga mengundang publik dari seluruh dunia untuk berpartisipasi secara individual dan kolektif," sambung Melati.

Koreografer dan penari yang terlibat di antaranya adalah Abdul Hadi (Bandung), Kurniadi Ilham (Jambi), Densiel Lebang (Jakarta/Toraja), I Nyoman Krisna Satya Utama (Bali), Ela Mutiara (Sukabumi), Mekratingrum Hapsari (Solo), I Made Yogi Sugiartha (Bali), Eva Borrmann (N├╝rnberg, Jerman), Izabella Maria Herzfeld (Berlin, Jerman), Marlen Pflueger dan Yasmina Lammler (Berlin, Jerman).

"Semua orang diundang dalam aktivasi karya Bodies of Care tanpa memandang zona waktu dan domisili," pungkas Kepala Bagian Program Budaya di Goethe-Institut Indonesien, Ingo Schoningh.

Pertunjukan yang direkam dalam format enam trek audio ini bisa diakses secara daring lewat laman www.radio.norrm.com/bodiesofcare/.



Simak Video "Persiapan Festival Sang Kuda Renggong Desa Ranjeng Sumedang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)