3 Lukisan Ini 'Terbang' ke Luar Angkasa

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 04 Sep 2021 14:26 WIB
Lukisan Seniman Ghana Dibawa ke Luar Angkasa
Foto: Uplift AeroSpace/ Istimewa
Jakarta -

Jika lukisan dipajang di sebuah ruang galeri seni berbeda dengan kreasi dari seniman asal Ghana. Tiga lukisan potret yang dilukis seniman yang tinggal di Wina, Amoako Boafo itu justru terbang menuju luar angkasa.

Akhir Agustus lalu, tiga lukisan Amoako Boafo diluncurkan dari Texas menuju luar angkasa. Karyanya melayang di kehampaan udara sebelum kembali ke bumi 11 menit berikutnya.

Peluncuran yang bernama Suborbital Triptych (2021) merupakan kolaborasi antara perusahaan kedirgantaraan milik Jeff Bezos, Blue Origin dan perusahaan lainnya Uplift AeroSpace.

Ketiga lukisannya dilukis langsung oleh sang seniman di potongan roket Blue Origin. Ia sengaja membuatnya dengan cat khusus yang awet ketika berada di luar angkasa.

Karya seni yang berjudul Potret Diri dengan Warna Pink, Tulip, Anting Emas Shormeh, serta Bungkus Kepala Putih dan Emas itu menggambakan potret Boafo, ibunya, dan ibu teman dekatnya.

[Gambas:Instagram]

CEO Uplift AeroSpace, Josh Hanes, mengatakan proyek tersebut fokus pada kemampuan untuk terhubung dengan kemanusiaan.

"Proyek ini adalah cara unik bagi masyarakat umum untuk terhubung dengan luar angkasa karena aspek eksplorasi ruang angkasa yang sulit dipahami publik," katanya dilansir dari ArtNews, Sabtu (4/9/2021).

Pertengahan Juli lalu, ketika Jeff Bezos meluncurkan dirinya ke luar angkasa perjalanan itu memicu kemarahan publik. Dia dianggap memamerkan kekayaannya.

Jelang peluncuran, lebih dari 150 ribu orang menandatangani petisi yang memintanya untuk tetap berada di luar angkasa dan tidak kembali ke bumi.

Ini bukan pertama kalinya karya seni meluncur ke luar angkasa, bahkan ada yang sudah sampai ke bulan dan Mars.

Tapi proyek Suborbital Triptych jadi yang pertama kalinya memboyong seniman Afrika melewati garis batas bumi. Proyek Uplift Art x Space juga rencananya bakal membawa karya seni lainnya.



Simak Video "Seniman Pantura Subang Demo di Kantor Bupati, Tuntut Izin Manggung"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)