Jangan Lewatkan! Museum Sumpah Pemuda Bikin Pameran Virtual Pejuang Wanita

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Selasa, 06 Jul 2021 18:28 WIB
museum sumpah pemuda gelar pameran virtual
Emma Poeradiredja salah satu tokoh pejuang wanita. Foto: ist.
Jakarta -

Kalian suka menyaksikan atau datang ke pameran? Saat Pandemi Corona seperti ini, semua kegiatan dilakukan secara virtual. Begitu juga dengan menggelar pameran yang satu ini.

Museum Sumpah Pemuda dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menggelar Pameran secara virtual tokoh Sumpah Pemuda, Emma Poeradiredja. Pameran ini mengambil tema Pejuang Wanita dari Bumi Pasundan.

Tak hanya sekadar pameran, dalam gelaran virtual ini memberikan informasi mengenai sejarah Emma Poeradiredja. Dia adalah tokoh pejuang wanita asal Jawa Barat.

Sejarah tentang Emma Poeradiredja ini bakal ditampilkan dalam bentuk teks sejarah perjalanan Emma. Bermula dari saat dirinya kecil hingga dewasa sampai menjadi tokoh pergerakan.

Perjuangannya ternyata tidak hanya ditujukan untuk suku Emma Poeradiredja saja. Tapi Emma memberikan perjuangannya untuk semua wanita di Indonesia.

"Emma Poeradiredja adalah salah satu tokoh wanita yang sangat gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan, memperjuangkan kaum wanita dan juga salah satu organisasi yang telah dibentuknya ada PASI atau Pasundan Istri," papar kepala Museum Sumpah Pemuda, Titik Umi Kurniawati dalam rilis yang diterima detikcom.

Pameran ini berlangsung pada 29 Juni sampai 29 Juli 2021. Bagi kalian yang berminat untuk menyaksikan pameran ini bisa dengan mengakses pamerandarigemma-msp.com.

Menurut Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Hilman Farid, Ph.D, perjuangan Emma Poeradiredja tidaklah kecil.

"Kalau bicara peran perempuan dalam sejarah makanya langsung terbayang Kartini, padahal sesungguhnya banyak perempuan yang jejak perjuangannya belum diketahui masyarakat. Salah satunya adalah Emma Poeradiredja. Karena pengabdiannya dan dedikasinya sudah selayaknya menjadi perhatian kita bahwa kaum perempuan punya peranan penting dalam sejarah kita," jelas Hilman.

Dengan adanya pameran virtual ini, Hilman juga mengharapkan jika kita tetap produktif di masa Pandemi COVID-19.

"Museum Sumpah Pemuda berusaha menunjukkan hal itu, bahwasannya kegiatan ini menunjukkan bahwa kita tidak perlu kehilangan antusiasme, semangat, dan juga ide cemerlang," tuturnya.

"Justru di tengah situasi saat ini, kita dapat menyelenggarakan pameran secara virtual ini dengan tema Emma Poeradiredja: Pejuang Wanita dari Bumi Pasundan. Semoga melalui pameran virtual ini, kita bisa meneladani dan mengenal sosok Emma Poeradiredja ini," tutupnya.



Simak Video "Seru! Melihat Pameran Grafiti Virtual 360 'Pandemic Youth'"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/pus)