Museum Nasional Indonesia Kembali Dibuka dengan Prokes Ketat

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 17 Mar 2021 10:20 WIB
Museum Nasional Indonesia terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Di masa pemberlakuan PSBB ketat oleh Pemprov DKI Jakarta, Museum Nasional Indonesia sempat ditutup kembali selama beberapa pekan.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Setelah Museum MACAN yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, yang membuka ruang pamernya setelah setahun ditutup kini giliran museum lainnya. Museum Nasional Indonesia membuka bangunannya mulai hari ini.

Kabar itu dibagikan Museum Nasional Indonesia lewat media sosial resminya.

"Museum Nasional buka kembali dengan protokol kesehatan ketat. Mulai 17 Maret 2021, pukul 09.00-15.00 WIB," tulis keterangan Museum Nasional Indonesia, seperti dilihat detikcom.

Tak hanya membuka ruang-ruang yang memajang koleksi permanennya, tapi Museum Nasional Indonesia juga tetap melayani kunjungan tur virtual. Tur virtual di dunia maya ini khusus untuk sekolah dan komunitas dengan pendaftaran terlebih dahulu.

Kabar pembukaan kembali museum membuat pencinta seni dan para pejalan Ibu Kota menyambut antusias.

"Alhamdulillah, akhirnya buka juga. Semoga dalam minggu-minggu ini bisa berkunjung ke museum lagi. Matur nuwun kak," tulis seorang netizen.

"Alhamdulillah balita, anak di bawah 9 tahun, dan lansia juga boleh," timpal lainnya.

"Welcome back, miss you so much museum. We miss you too our visitors," kata netter.

[Gambas:Instagram]



Menurut tim Museum Nasional Indonesia, kuota pengunjung yang ditetapkan di masa pandemi COVID-19 masih dibatasi menjadi 50 persen, tidak 100 % seperti biasanya.

Setiap hari sesuai sesi masing-masing disiapkan kuota sebanyak 200 orang. "Nanti pada saat membeli tiket akan diarahkan," lanjutnya.

Untuk jam operasional Museum Nasional Indonesia terbaru yakni mulai hari Selasa sampai Jumat pukul 09.00-15.00 WIB.

Ini bukan pertama kalinya Museum Nasional Indonesia melakukan penutupan dan pembukaan kembali selama masa pandemi. Pada 15 Oktober 2020, museum yang terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dibuka lagi untuk umum setelah ditutup saat PSBB Ketat yang diterapkan di Jakarta.



Simak Video "Replika Mobil Pertama di Dunia Ada Museum Nasional Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)