Djoko Pekik, Didik Nini Thowok dan Ratusan Seniman Yogyakarta Divaksinasi

Pradito Rida Pertana - detikHot
Rabu, 10 Mar 2021 12:37 WIB
Jokowi pantau vakksinasi Corona untuk seniman
Presiden Jokowi saat memantau proses vaksinasi Foto: Pradito R Pertana/detikcom
Bantul -

Ratusan seniman Yogyakarta menjalani vaksinasi tahap pertama hari ini di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) Pedukuhan Kembaran, Kasihan, Bantul. Ada 500 seniman yang akan divaksinasi.

Ketua Yayasan PSBK, Butet Kartaredjasa, mengatakan para seniman yang divaksinasi terdiri dari perupa, penyair, sastrawan, penari, pemusik, seniman tradisional ketoprak hingga dalang wayang.

"Seniman senior misalnya Djoko Pekik, Kartika Affandy, Ashadi Siregar, Romo Sindhunata, Ugo Untoro, Hanung Bramantyo, Marzuki (Kill the DJ), Agus Noor, macem-macem lah," ucapnya.

Butet menuturkan para seniman yang divaksinasi tak hanya yang ada di lokasi PSBK saja tapi juga lokasi lainnya.

"Saya sangat senang teman-teman seniman mau disuntik vaksin menandakan kawan-kawan itu solider kepada semangat kemanusiaan untuk menyelamatkan kehidupan bersama, itu yang terpenting," katanya.

Salah satu peserta vaksinasi hari ini adalah Didik Nini Thowok. Sejak kemarin, koreografer senior itu mengunggah kabar bakal divaksinasi dengan melakukan persiapan Swab PCR.

"Eyang DNT dengan seluruh seniman DIY sedang persiapan SWAB untuk persiapan besok pagi penyuntikan vaksin, direncanakan bapak Presiden Jokowi juga hadir," kata Didik Nini Thowok di akun Instagram.

Didik Nini Thowok mengatakan ia dikabari bakal ikut divaksinasi sejak seminggu yang lalu. Dengan perencanaan para seniman dapat vaksinasi dapat menggeliatkan lagi dunia seni yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya dihubungi seminggu yang lalu, terimakasih sudah menyediakan fasilitas vaksinasi hari ini. Untuk yang belum divaksin semoga segera divaksinasi," katanya.

"Vaksinasi ini penting karena mengurangi teman-teman seniman terpapar COVID-19. Karena kalau sepuh punya penyakit bawaan kan bahaya juga kalau kena COVID-19. Harapan dengan vaksinasi ini semua bisa beraktivitas lagi, karena terpuruk kan selama pandemi (COVID-19). Karena saya saja tahun ini tidak ada show sama sekali," lanjut Didik Nini Thowok.

Presiden Jokowi pun mengunjungi PSBK untuk memantau proses vaksinasi Corona terhadap 500 seniman. Ia hadir mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih, celana kain hitam, dan sneakers hitam kombinasi putih.

Jokowi tiba pukul 09.30 WIB bersama dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Pangdam Diponegoro dan Kapolda DIY.



Simak Video "Seniman Yogya Divaksinasi, Hanung Bramantyo: Bangun Kepercayaan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)