Dibuka 10 Maret, Tiket Masuk Museum MACAN Dibanderol Mulai Rp 56 Ribu

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 05 Mar 2021 11:55 WIB
Pameran Seni Stories Across Rising Lands Digelar di Museum MACAN
Museum MACAN Akan Dibuka Lagi pada 10 Maret 2021 Foto: Museum MACAN/ Istimewa
Jakarta -

Museum MACAN mengumumkan bakal dibuka lagi untuk umum pada 10 Maret 2021. Selama periode pembukaan kembali, tiketnya dibanderol mulai Rp 56 ribu sampai Rp 90 ribu.

Chairwoman Museum MACAN Foundation, Fenessa Adikoesoemo menuturkan di masa-masa sulit seperti ini, seni memungkinkan kita untuk merefleksikan tantangan yang dihadapi secara pribadi dan komunal.

"Tim museum telah bekerja secara keras untuk membuka kembali museum dan merancang program yang relevan untuk dinikmati pencinta seni dan museum, baik secara fisik dan virtual," ungkap Fenessa Adikoesoemo, dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (5/3/2021).

Pihak Museum MACAN memberlakukan sistem tiket khusus dibagi dengan dua harga, yakni Rp 56 ribu sampai Rp 70 ribu untuk Selasa-Jumat. Serta Rp 72 ribu sampai Rp 90 di akhir pekan pada Sabtu-Minggu.

Bagi para pengunjung yang ingin datang ke museum, diwajibkan merencanakan kunjungan sebelumnya. Tiket bakal dibatasi sampai 100 tiket per sesi dan hanya tersedia daring.

"Museum juga akan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat sejalan dengan peraturan pemerintah," tulis keterangan Museum MACAN Jakarta.

Tiket dapat dipesan lebih awal melalui situs Museum MACAN dan mitra tiket daring. Pada setiap hari pembukaan antara Selasa sampai Minggu, museum akan menawarkan empat slot waktu yang bisa dipilih pengunjung.

Tiket berjangka waktu akan diterapkan untuk mengatur jumlah pengunjung di dalam museum pada suatu waktu. Pengunjung harus datang di antara slot waktu yang dipilih, tapi diperbolehkan menghabiskan waktu di museum sepuasnya selama jam operasional pukul 10.00 hingga 16.00 setiap harinya.

Kampanye 'Kembali ke MACAN' memuat beberapa peraturan yang harus ditaati pengunjung. Berikut di antaranya:

1. Mengisi formulir penilaian mandiri dengan memindai kode QR yang disediakan oleh VIDA (Verified Identity for All), sistem identifikasi digital yang terdaftar di bawah Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia dan adalah Mitra Museum MACAN.
2. Metode non-tunai untuk semua transaksi keuangan di dalam museum
3. Masker wajah harus dipakai setiap saat selama kunjungan.
4. Menjaga jarak 2 meter dengan pengunjung lain, dengan batasan jumlah tamu di dalam ruang galeri.
5. Direkomendasikan membawa tas kecil dengan ukuran A4 atau kurang untuk kenyamanan maksimal selama kunjungan. Tas besar harus dibawa di depan tubuh, karena Ruang Penitipan Barang akan tetap ditutup untuk sementara waktu.
6. Tiket dan kunjungan akan dibatasi dengan ketat, sesuai dengan regulasi pemerintah.



Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)