Art Jakarta Virtual Bangun Kembali Ekosistem dan Industri Seni Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 14 Jan 2021 18:37 WIB
OPPO Art Jakarta Virtual 2020 Edisi kedua digelar 16 Desember 2020 hingga 15 Februari 2021.
Foto: OPPO Art Jakarta Virtual 2020/ Istimewa
Jakarta -

Panggung Art Jakarta Virtual yang tetap eksis digelar selama pandemi COVID-19 mampu membangun kembali ekosistem seni. Sejak Maret 2020, sejumlah agenda seni mengalami pembatalan maupun jadwal yang mundur imbas Corona.

Tapi penyelenggara Art Jakarta tetap menggelarnya selama empat bulan lamanya lewat situs artjakarta.com.

Kurator Art Jakarta Virtual, Enin Supriyanto, mengatakan besaran dan rincian penjualan karya pihaknya tidak bisa ikut campur karena berhubungan langsung dengan galeri seni yang berpartisipasi.

"Tapi kita berusaha menanyakan apakah terjadi transaksi dari setiap galeri, sejauh ini hasilnya menggembirakan," ungkap Enin Supriyanto ketika dihubungi detikcom, belum lama ini.

Dari semua galeri seni yang berpartisipasi, sebanyak 80 % mengaku mendapatkan respons pembelian karya dari Art Jakarta Virtual.

"Tapi ini upaya kami, mengubah kebiasaan orang melihat langsung dan sekarang dan sekarang hanya secara virtual. Menurut kami, dengan kondisi seperti sekarang ekonomi yang lesu, kami cukup bergembira dengan hasil seperti itu," katanya.

Sejak awal ide penyelenggaraan Art Jakarta Virtual, pihaknya tidak punya ekspektasi atau harapan tinggi. Art Jakarta tetap digelar sebagai inisiatif untuk mengisi kekosongan acara seni sepanjang 2020.

Enin mengatakan pihaknya sampai harus menunda Art Jakarta 2020 mundur ke tahun 2021. Lalu muncul gagasan panggung virtual yang karya-karyanya dipajang di website resmi dan memberikan ruang kepada seniman atau galeri seni untuk tetap menjaga jaringan.

"Jadi sesederhana itu gagasannya," ungkap Enin.

"Ternyata masih juga terjadi respons positif berupa pembelian karya melalui platform Art Jakarta Virtual, tentu saja kami gembira," pungkasnya.

Di edisi kedua Art Jakarta Virtual yang menggandeng brand OPPO, ada 800 karya seni terbaru yang bakal dipajang pada 15 Februari 2021.

Edisi kedua OPPO Art Jakarta Virtual juga menampilkan pameran tunggal dari karya Oky Rey Montha yang memiliki aliran pop surealis, CGartspace menghadirkan karya Justian Jafin, Gudang Gambar lewat karya Ricky Qalibi, Puri Art Gallery dengan lukisan cat air Sasya Tranggono sampai Ruci Art Space yang menampilkan karya Ruth Marbun.



Simak Video "Pelaku Pelecehan Seksual Istrinya Ditangkap, Isa Bajaj: Nggak Damai!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)