Marlupi Dance Academy Siapkan Pentas Akhir Tahun Lewat The Nutracker

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 16 Des 2020 09:12 WIB
Marlupi Dance Academy Gelar Pesta Akhir Tahun Lewat The Nutracker
Foto: Marlupi Dance Academy/ Istimewa
Jakarta -

Setiap akhir tahun, sekolah balet di seluruh dunia serentak menggelar pertunjukan The Nutracker. Jelang perayaan Natal, pementasan The Nutracker yang menjadi tradisi bagi sekolah balet tetap digelar saat pandemi COVID-19.

Sama halnya dengan sekolah balet, Marlupi Dance Academy. Di penghujung 2020, salah satu sekolah balet tertua di Indonesia itu menyelenggarakan pentas The Nutracker secara virtual yang direkam secara live di Gedung Kesenian Jakarta.

Artistic Director Marlupi Dance Academy Fifi Sijangga menuturkan sepanjang tahun biasanya sekolah baletnya sibuk membuat pertunjukan. Tapi pandemi membuat segala rencana berubah.

"Sekarang kelas balet semuanya digelar virtual meski agak aneh pertamanya ya. Tapi mau nggak mau kita juga harus membiasakan diri agar semua program berjalan meski virtual," tutur Fifi Sijangga ketika dihubungi detikcom.

Pentas The Nutracker yang dibawakan oleh murid-murid Marlupi Dance Academy dari Jakarta dan Surabaya pun terpaksa digelar virtual. Menurut Fifi Sijangga, The Nutracker selalu diselenggarakan setiap bulan Desember.

Cerita The Nutracker tentang Natal yang menjadi istimewa. "Semua ballet company di dunia pasti menggelar The Nutracker, tapi kita tetap rekaman live di panggung di Gedung Kesenian Jakarta," lanjutnya.

Segala persiapan pertunjukan live seperti biasanya dibuat oleh tim Marlupi Dance Academy. Para penari yang terpilih pun merupakan murid pilihan yang siap tampil sekaligus yang didukung oleh tim penari dari Indonesian Dance Company (IDCO).

"Kita memberikan diri tampil di GKJ, tapi nggak banyak orang yang masuk ke dalam tim, penonton tetap menonton virtual via webinar. Paling nggak, pertunjukan ini jadi motivasi buat murid-murid kami," lanjutnya.

Pertunjukan The Nutracker menceritakan tentang Clara yang membuat pesta Natal bersama teman-temannya. Ada tukang sulap yang mampu menyulap boneka menjadi hidup saat pesta Natal tersebut.

Salah satu boneka yang dihidupkan adalah boneka pemecah kacang atau dikenal dengan nama The Nutrackr. Dalam mimpi Clara itu, ia dibawa ke negeri Sugarland dan diajak ke berbagai tempat yakni China, Rusia sampai daratan Arab.

Dalam pementasna juga ada tarian snowflake, kontemporer, dan balet klasik. Pentas The Nutcracker digelar pada 20 Desember 2020 pukul 16.00 WIB.



Simak Video "Manajer Ungkap Hasil Check Up Kesehatan Tukul Arwana"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)