Tarian Balet Kontemporer Malin Kundang Meriahkan 'Untukmu Indonesiaku'

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 25 Sep 2019 17:28 WIB
Foto: Indonesia Dance Company
Jakarta - Persembahan ketiga Indonesia Dance Company (IDCO) bakal membius warga Jakarta akhir pekan ini. Siap menonton tarian balet berbalut kontemporer dalam 'Untukmu Indonesiaku'?

Pertunjukan 'Untukmu Indonesia' menampilkan beberapa tarian balet klasik dan kontemporer yang berasal dari cerita rakyat Tanah Air. Salah satunya adalah 'Malin Kundang'.

"Tarian Malin Kundang akan kami hadirkan versi full-nya daripada yang kemarin dan musiknya hasil gubahan Ananda Sukarlan," ungkap pendiri sekaligus Direktur Artistik IDCO, Claresta Alim, saat dihubungi detikcom.

Dalam tarian yang diciptakan balerino (penari balet laki-laki), Michael Halim, 'Malin Kundang' diceritakan sebagai anak yang baik dan penurut. Suatu hari, Malin menikahi putri bangsawan dan menjadi kaya. Namun ketika balik ke desa, ia mengabaikan dan pura-pura tidak mengenal ibunya.




Tak hanya cerita tentang 'Malin Kundang', namun IDCO juga mengambil cerita rakyat Jaka Tarub yang dibuat dengan nuansa broadway. Ada juga cerita klasik 'Don Quixote' yang dijadikan tarian oleh Marius Petipa.

Koreografer kenamaan Siko Setyanto juga membuat tarian 'Diyanti' yang ditarikan oleh balerina (penari balet perempuan). "Diyanti ini khusus untuk cerita perjuangan dan perjalanan perempuan dan tarian ini ditarikan oleh perempuan. Khusus diciptakan Siko," kata Claresta.

Sebelumnya, IDCO menggelar pertunjukan 'We Dance' pada 2016 di tahun perdana berdiri. Setahun berikutnya, mereka kembali eksis lewat 'Danceventure'. Serta pentas 'Its... Showtime' kembali membuat takjub para pencinta tari dan balet Tanah Air.

Simak Video "Netizen Korsel Lebih Pilih Han Ji Pyeong Dibanding Nam Do San"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)