Jogja Art Weeks Tetap Digelar, 4 Seniman Muda Pajang Karya di ARTOTEL

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 11 Nov 2020 17:22 WIB
Jogja Art Weeks 2020
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pandemi tidak menyurutkan semangat para seniman untuk memajang karya. Hajatan khusus ARTJOG Resilience sukses digelar, kini Yogyakarta punya acara besar lainnya yang tak kalah seru yakni Jogja Art Weeks yang digelar pada 4 November sampai 2 Desember 2020.

Di tengah situasi tak menentu, Jogja Art Weeks: Special Project hadir di ARTOTEL Yogyakarta sebagai rekanan setiap tahunnya. Kali ini, ada empat seniman muda yang memajang karyanya.

Dibagi menjadi tiga pameran di ARTOTEL, eksibisi pertama Through the Sexonds, Green Grass, and Possibilities yang memajang karya seniman Fajar Amali dan Reza Kutjh pada 4-12 Desember 2020.

Mereka mengangkat tema sci-fi mengenai ramalan Jangka Jayabaya dan mitologi jawa sebagai idea visual.



"Menurut saya melihat masa lalu dan merekonstruksi imajinasi masa depan adalah hal yang menyenangkan. dari situ saya akan tetap berbicara dan membenturkan manusia dan hukum sosialnya, tentunya dengan budaya popular lokal Jawa," tutur Fajar Amali.

Jogja Art Weeks 2020Jogja Art Weeks 2020 Foto: Istimewa



Pameran kedua Popularize Mulok karya seniman Fahri Afrizal yang dipajang 4-22 November yang mencampurkan antara muatan lokal (aksara Jawa) dicampur budaya pop masa kini.

"Eksekusinya menggunakan teknik digital dan dicetak pada media kertas dan kain," katanya.



Pameran ketiga Jarak Dekat yang menampilkan karya Raka Hadi Permadi pada 24 November-2 Desember 2020. Ia memulai proses kreatifnya lewat mengamati terlebih dahulu, mengamati peristiwa dan obyek secara detail lalu memotret obyek.

"Transfer gambar dari kamera melalui medium cetak merupakan proses yang cukup panjang, proses tersebut saya cukup saya nikmati dan maknai seperti halnya sebuah kehidupan. Dua karya tersebut menggunakan teknik cetak yang berbeda dalam pembuatannya," tambah Raka.

Art Director ARTOTEL Group, Windi Salomo, menambahkan Jogja Art Weeks: Special Project menjadi eksibisi yang menguji kembali kegigihan para seniman.

"Di tengah situasi tidak menentu, Jogja Art Weeks tetap digelar dan harapannya bisa berkolaborasi di situasi pandemi dan menjadi salah satu jalan mencapai masa depan," pungkasnya.



Simak Video "Kolaborasi Hotel dan Telemedis, Tawarkan Staycation yang Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)