Mural Joe Biden Sambut Kemenangan Jadi Presiden AS di Kampung Halaman

Tia Agnes - detikHot
Senin, 09 Nov 2020 13:25 WIB
President-elect Joe Biden joins Vice President-elect Kamala Harris on stage Saturday, Nov. 7, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)
Mural Joe Biden muncul di kampung halaman kakek buyutnya Foto: AP/Andrew Harnik
Jakarta -

Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke-46 setelah memenangkan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) tahun ini. Kemenangannya disambut meriah oleh para pendukung termasuk masyarakat Irlandia yang berasal dari kampung halaman kakek buyutnya.

Penduduk kota Ballina, Irlandia, yang menjadi tempat kelahiran kakek buyut Joe Biden berkumpul di alun-alun kota dan meminum sampanye.

Di lokasi kota tersebut, sudah dihiasi oleh mural yang menampilkan wajah Joe Biden sembari tersenyum dengan latar bendera Amerika Serikat.

Mural Joe Biden yang berukuran raksasa itu berada di salah satu tembok sisi bangunan. Karyanya berada di alun-alun Caunty Mayo kota Ballina.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (9/11), kakek buyut Joe Biden, Edward Blewitt, meninggalkan kota Ballina ke Amerika sekitar 170 tahun yang lalu. Saat itu Irlandia tengah mengalami kelaparan yang parah.

Pada 2016, Joe Biden membawa anak-anak dan cucunya untuk melakukan perjalanan resmi ke Irlandia. Ia ingin keluarga besarnya mempelajari asal usul Irlandia dan hubungan para leluhurnya sebelum mencapai negeri Paman Sam.

Mural Joe Biden di Kampung Halaman Kakek BuyutnyaMural Joe Biden di Kampung Halaman Kakek Buyutnya Foto: Istimewa

Saat mengunjungi kampung halaman sang kakek, Joe Biden berjanji akan menjadi Presiden AS.

"Saya akan kembali sebagai presiden," ucap Joe Biden, dilansir dari BBC.

Sepupu Joe Biden, Laurita Blewitt, mengapresiasi kabar kemenangan saudaranya. Dia senang akhirnya ada keluarga besarnya yang menjadi Presiden AS.

"Ini adalah hari terbaik dalam hidup saya. Sifatnya yang sangat khas Irlandia melekat padanya dan kami senang menyambutnya di sini," ungkapnya.

Joe Biden menang usai meraup 290 electoral votes, menyusul kemenangan tipisnya di negara bagian Pennsylvania. Setelah berhari-hari penghitungan suara dan terlibat pertarungan yang sengit, capres AS dari Partai Demokrat itu akhirnya memenangkan pemilihan Presiden AS 2020.

Pada pidato kemenangannya itu, Biden berbicara kepada pemilih Trump agar saling memberi kesempatan. Biden berjanji menjadi presiden yang tidak mencari perpecahan.



Simak Video "John Legend Minta Joe Biden Dengarkan Isi Hati Rakyat AS"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)