Dibuka Esok, Indonesian Dance Festival 2020 Jadi Tempatnya Seniman Muda

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 06 Nov 2020 14:38 WIB
Indonesian Dance Festival 2020 Digelar pada 7-14 November 2020
Indonesian Dance Festival 2020 digelar pada 7-14 November 2020 Foto: Istimewa
Jakarta -

Indonesian Dance Festival (IDF) 2020 segera dibuka untuk umum esok sampai 14 November 2020. Festival yang digelar dua tahunan menjadi tempat berkumpulnya ekosistem pelaku seni tari kontemporer di Indonesia dan mancanegara.

Salah satu kurator IDF 2020, Nia Agustina, mengatakan program Kampana yang ada di IDF 2020 menjadi wadah bagi seniman tari muda untuk berkarya dan mengembangkan gagasannya.

"Kampana ini khusus untuk seniman muda yang ingin mengembangkan karyanya untuk bertemu tubuh atau disiplin ilmu yang lain sehingga karyanya lebih berkembang," tutur Nia, saat jumpa virtual soal IDF 2020, belum lama ini.

Nia mengatakan seharusnya seperti tradisi di IDF sebelumnya, para pelaku seni tari ada menjalankan workshop di akademi IDF. Tapi karena situasi tak menentu akibat pandemi, akhirnya workshop digelar secara online.

"Kami tetap memfasilitasi seniman muda melalui Zoom online, teman-teman lalu memberikan proposal karyanya. Diberi waktu untuk melakukan riset, bertemu lagi untuk melaporkan perkembangan risetnya," tutur Nia.

Dari program Kampana, ada 6 koreografer muda yang bakal unjuk gigi menggelar pertunjukan secara daring. Mereka bakal mempresentasikan gagasannya dalam bentuk Kampana Trajectory.

Ke-6 seniman tari muda itu adalah Anis Harliani, Eka Wahyuni, Eyi Lesar, Gege Diaz, Irfan Setiawan, dan Puri Senja. Dalam format pertunjukan, 3 dari seniman tari itu akan menampilkan karyanya.

Eyi Laser dengan pertunjukan berjudul Virtual WHY (Who Are You) menampilkan bagaimana proses tatapan layar yang berjarak dengan konteks peristiwa. Koreografer Irfan Setiawan melalui karya Re-reading Impact, dan Puri Senja dengan karyanya The Other Half.

Mengusung tem IDF2020.zip, DAYA: Cari Cara, seluruh rangkaian IDF bisa dinikmati secara gratis dan terbuka untuk publik lewat channel YouTube.

IDF adalah festival tari kontemporer yang digelar secara konsisten sejak tahun 1992. Digagas oleh Sal Murgiyanto, Maria Darmaningsih, Nungki Kusumastuti, Melina Surya Dewi, Dedy Lutan, dan Tom Ibnur, inisiasi wadah seni tari yang diberi nama Indonesian Dance Festival pun terbentuk.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Status Masih Saksi, Artis Terduga Prostitusi Online Dipulangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)