Lagi, Awkarin Pakai Tanpa Izin Ilustrasi Karya Seniman Los Angeles

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 06 Okt 2020 13:54 WIB
Ngendrose Awkarin malah Kena Hujatan
Awkarin meminta maaf karena memakai karya ilustrasi seniman tanpa menambahkan kredit Foto: Dok. Instagram/awkarin
Jakarta -

Selebgram Awkarin kembali memakai ilustrasi karya seniman asal AS untuk kebutuhan foto pribadi. Karya tersebut diedit lalu diunggah ke akun Instagram Awkarin yang kini telah dihapus.

Karya ilustrasi bertuliskan 'its a miracle we ever met itu menampilkan gambar orang yang terhubung dengan garis berwarna biru dan merah. Kreasi ciptaan seniman bernama Hallie Bateman yang berdomisili di Los Angeles itu heboh di jagat Twitter.

Dilihat dari bio sang seniman, ia mengunggah tag dari seorang followers asal Indonesia. Netizen itu me-mention sang seniman sekitar 12 jam yang lalu.

"Hi @awkarin berhenti memakai karya seni orang lain tanpa pemberitahuan dan mendapatkan sekitar 170 ribu likes di sana. Katakan sesuatu kepada @hallithbates," cuit akun @dyhnvc, seperti dilihat detikcom, Selasa (6/10/2020).



Awkarin memakai tanpa izin karya tersebut di foto saat ia bersama sang kekasih Sabian Tama duduk di atas mobil jeep. Fotonya tampak dijepret dengan lokasi Yogyakarta, dan keterangan foto 'Take Me When We First Met'.



Sang seniman ternyata menyadari karya seninya dipakai tanpa izin oleh Awkarin. Dia sempat berkicau mengenai hal tersebut.

"@Awkarin mengedit dan mengunggah ulang karya seni saya ke akun Instagram-nya, membagikannya kepada 5,7 juta followers, tanpa pernah bertanya soal izin atau credit kepada saya. Saya meminta dia untuk menurunkannya. Tidak ada respons," ucap Hallie Bateman, sekitar 8 jam yang lalu.

Cuitan seniman asal negeri Paman Sam itu mendapatkan retweet sekitar 2,8 ribu dan likes 3,1 ribu followers.

Awkarin pun berkilah kalau menemukan ilustrasi di laman Pinterest tanpa tahu asal muasalnya.

"Maafkan saya, tapi saya baru saja bertemu dengan halaman sang seniman untuk karya seni yang saya gunakan dan didapatkan dari Pinterest. Karena (lagi) mereka tidak menempatkan halaman seniman di Pinterest. So, sekarang saya tag @hallithbates! Terima kasih untuk karya seni yang cantik," kicau Awkarin.

Setelah 8 jam, Hallie Bateman berkicau, Awkarin meminta maaf.



"Sekali lagi saya membuat kesalahan dengan menggunakan karya seni seseorang di Pinterest tanpa mengetahui siapa seniman yang sebenarnya. Saya sangat ceroboh untuk tidak mencoba mencari tahu siapa senimannya. Tapi, saya tidak pernah berniat mencuri atau meniru karya seniman lain. Saya sangat menyesal untuk ini," cuit Awkarin di halaman Twitter pribadinya.

Ini bukan pertama kalinya Awkarin menggunakan karya seni ciptaan ilustrator dan seniman lainnya. Pada Oktober 2016, Awkarin pernah mengunggah gambar sketsa yang mirip dengan gaya seniman tato.

Kasus yang menghebohkan terjadi ketika ilustrator Bandung Nadiyah Rizki mengingatkan Awkarin untuk menggunakan kredit di setiap karya yang di-upload. Cuitan yang saling berbalas pada Oktober 2019 itu berbuntut Nadiyah menghapus semua cuitan tentang Awkarin.



Simak Video "Lagi! Awkarin Disentil Ilustrator Gegara Nyomot Karya Tanpa Izin"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)