Restorasi Lukisan Terbesar Lee Man Fong Butuh Waktu Setahun

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 07 Agu 2020 13:24 WIB
Restorasi Mahakarya Lukisan Lee Man Fong di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta butuh waktu selama setahun.
Lukisan Lee Man Fong Margasatwa dan Puspita Indonesia direstorasi selama setahun Foto: Hotel Indonesia Kempinski Jakarta/ Istimewa
Jakarta -

Pelukis Lee Man Fong punya sejarah panjang dengan kota Jakarta dan Soekarno. Pada 1961, saat Bung Karno memutuskan untuk mendirikan hotel bintang lima pertama di Ibu Kota, Lee Man Fong diajak untuk membuat lukisan terbesar yang pernah ada.

Lukisan Margasatwa dan Puspita Indonesia seukuran 4 meter x 10,85 meter pun sukses dibuat pada 1962. 58 tahun berikutnya, lukisan yang berada di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta masih gagah berdiri dan kini sukses direstorasi.

Margasatwa dan Puspita Indonesia direstorasi oleh ahli restorasi atau konservator seni rupa asal Italia bernama Michaela Anselmini.

Selama satu tahun, dibantu oleh dua mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang belajar, Michaela sukses merestorasi mahakarya Lee Man Fong.

"Ini mahakarya besar yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Saat awal saya melihatnya, saya berpikir apa yang bisa kami lakukan untuk preservasi karya besar ini," tutur Michaela Anselmini saat webinar masterpiece Margasatwa dan Puspita Indonesia yang dihadiri detikcom.

Restorasi Mahakarya Lukisan Lee Man Fong di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta butuh waktu selama setahun.Restorasi Mahakarya Lukisan Lee Man Fong di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta butuh waktu selama setahun. Foto: Hotel Indonesia Kempinski Jakarta/ Istimewa

Mahakarya Lee Man Fong terdiri dari tiga panel berukuran besar yang agak mencekung. Lukisannya berada di bagian atas dinding menghadap entrance foyer Bali Room - Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Dibuat atas permintaan Bung Karno, Lee Man Fong menggambarkan kekayaan flora dan fauna di Indonesia. Michaela pun mengatakan proses konservasi dimulai sejak Juli 2019.

Restorasi Mahakarya Lukisan Lee Man Fong di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta butuh waktu selama setahun.Restorasi Mahakarya Lukisan Lee Man Fong di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta butuh waktu selama setahun. Foto: Hotel Indonesia Kempinski Jakarta/ Istimewa

"Di awal restorasi, kami berpikir untuk memulai panel pertama, karena pada dasarnya ada tiga panel besar sekali dan Lee Man Fong membuat tiga perbedaan dalam satu karya seni," tuturnya.

Proses awal konservasi dimulai saat hotel sedang tidak terlalu ramai tahun lalu. Tapi pihak hotel memutuskan untuk membuat struktur khusus agar tim Michaela bisa leluasa merestorasi.

"Saya juga harus menaiki scaffolding untuk ke lokasi restorasi ini. Mereka (pihak hotel) sengaja membuat struktur khusus dari sini ke sini, untuk restorasi lukisan Lee Man Fong," sambung Michaela Anselmini.

Dia menceritakan sejak Hotel Indonesia diresmikan pada 5 Agustus 1962, visi hotel adalah merancang konsep modern yang mencerminkan keindahan pesona kepulauan dan keragaman Indonesia.

(lanjut halaman kedua)

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "SuperM Tampil Gahar di 'One (Monster & Infinity)'"
[Gambas:Video 20detik]