Lestarikan Panggung Ketoprak yang Digelar Virtual saat COVID-19

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 06 Agu 2020 13:04 WIB
Pertunjukan Ketoprak Virtual Persembahan Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo
Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo gelar pertunjukan virtual saat pandemi COVID-19 Foto: Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo/ Istimewa
Jakarta -

Berdiri sejak 6 Agustus 2003, Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo tetap eksis berkarya di tengah pandemi COVID-19. Paguyuban yang didirikan oleh Luluk Sumiarso bersama sang istri, kini menggelar pertunjukan ketoprak secara virtual lewat streaming YouTube.

Pendiri Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo, Luluk Sumiarso, mengatakan sebelum pandemi COVID-19, paguyuban yang berada di Kampung Sawah, Ciputat, itu rutin menggelar pertunjukan.

"Tadinya kan job di mana-mana, lah pandemi ini kosong sama sekali. Tugas kami untuk mencarikan pekerjaan buat mereka, sudah kami rencanakan. Ada 6 pagelaran ke depannya," tutur Luluk Sumiarso, saat dihubungi detikcom, Kamis (6/8/2020).

"Tujuan utamanya adalah mencarikan penghasilan untuk seniman. Ternyata saat pandemi gini, orang-orang juga butuh hiburan," lanjut Luluk Sumiarso.

Pertunjukan Ketoprak Virtual Persembahan Rumah Budaya Nusantara Puspo BudoyoPertunjukan Ketoprak Virtual Persembahan Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo Foto: Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo/ Istimewa

Sebelum pandemi COVID-19, Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo menggelar pentas sekitar bulan Januari atau Februari 2020.

"Trus, kosong lama nggak ada pertunjukan, dan nggak berani melanggar juga. Sekarang kami menggelar pagelaran tapi ada aturan kesehatan dari pemerintah yang kami jalankan," ujar mantan Dirjen Energi Terbarukan Kementerian ESDM ini.

Jika biasanya, setiap kali pementasan selalu dipenuhi oleh para penonton tapi kali ini hanya maksimal 20 orang. Setiap kali latihan, para pemain dan kru selalu menggunakan face shield dan masker.

[Gambas:Youtube]



"Pas di panggung baru dilepas karena kalau ngomong kan biar kedengaran. Kami tetap sesuai protokol kesehatan agar terhindar dari Corona. Dari situ, para pemain dan kru bisa dapat uang," kata Luluk Sumiarso.

Bagi pencinta seni pertunjukan ketoprak, bisa menyaksikan pentas berjudul Wirasaba Tandhing secara virtual yang menghadirkan tokoh Mahesa Jenar.

Pertunjukan Ketoprak Virtual Persembahan Rumah Budaya Nusantara Puspo BudoyoPertunjukan Ketoprak Virtual Persembahan Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo Foto: Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo/ Istimewa

Gelaran ketoprak persembahan Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo akan digelar nanti malam pukul 20.00 WIB di YouTube RBN Puspo Budoyo.

"Jadi tugas kami ya melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Nusantara sekaligus bisa dinikmati bagi pencinta seni," pungkasnya.



Simak Video "Uniknya Seni Pertunjukan Gabungan, Jakarta."
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)