5 Patung yang Dirusak atau Dipindahkan karena Dianggap Rasial

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 12 Jun 2020 11:27 WIB
Patung Christopher Columbus
Foto: CNN/ Istimewa
Jakarta -

Saat isu rasialisme bergema akibat kematian pria Afrika-Amerika George Floyd, patung-patung di bawah ini dirusak atau dipindahkan. Sebagian besar patung tersebut dianggap rasial.

Ada patung apa saja yang dirusak para pengunjuk rasa Black Lives Matter? Berikut 5 di antaranya:


1. Patung Pendiri Pramuka Lord Robert Baden-Powell (Inggris)

Patung pelopor gerakan pramuka Robert Baden-Powell akan dipindahkan dari Poole Quay, Inggris. Pemindahan patung itu untuk mengantisipasi amuk massa yang memprotes antirasisme.Patung pelopor gerakan pramuka Robert Baden-Powell akan dipindahkan dari Poole Quay, Inggris. Pemindahan patung itu untuk mengantisipasi amuk massa yang memprotes antirasisme. Foto: AP/Andrew Matthews



Patung pendiri gerakan Pramuka Robert Baden-Powell akan dipindahkan dari Poole Quay, Inggris. Berdiri sejak tahun 2008, patungnya berada dalam target serangan pendemo Black Lives Matter.

Dewan kota Bournemouth, Christchurch, dan Poole (BCP) memutuskan akan memindahkan patung Robert-Baden-Powell. Saat ini, patungnya diamankan selama 24 jam sebelum dipindahkan.

Sosok Baden-Powell yang meninggal di usia 83 tahun dikritik oleh aktivis Black Lives Matter. Ia dituduh rasialisme, homofobia, dan mendukung Adolf Hitler.



2. Patung Christopher Columbus (Amerika Serikat)

People kick at the head of a Christopher Columbus statue that was torn down at the Minnesota state Capitol in St. Paul, Minn., Wednesday, June 10, 2020. (Evan Frost/Minnesota Public Radio via AP)People kick at the head of a Christopher Columbus statue that was torn down at the Minnesota state Capitol in St. Paul, Minn., Wednesday, June 10, 2020. (Evan Frost/Minnesota Public Radio via AP) Foto: AP/Evan Frost



Tiga patung Christopher Columbus dirusak sampai digulingkan di Amerika Serikat. Salah satu bagian kepala patung ada yang dipenggal, satu patung lainnya dilemparkan ke danau, dan satunya lagi digulingkan.

Sosok Columbus telah lama menjadi tokoh kontroversial dalam sejarah Amerika. Penemu benua Amerika itu diketahui melakukan penjajahan yang kejam dan berlaku tak adil kepada ras lain kala itu.

Demonstran Black Lives Matter yang mendukung warga kulit hitam mengatakan mereka menargetkan patung Columbus dalam aksi solidaritas.

(Baca halaman berikutnya -> 3 patung lainnya yang dirusak sampai dipindahkan karena dianggap rasial)

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Aksi Black Lives Matter Terus Bergaung di Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]