Cara Unik Jual Lukisan Langka Picasso, Diundi dengan Harga Rp 1,6 Juta

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 20 Mei 2020 10:21 WIB
Lukisan Pablo Picasso
Foto: AP/ Istimewa
Jakarta -

Di masa pandemi Corona, penjualan karya seni juga terkena imbasnya. Dua balai lelang ternama di dunia, Christie dan Sotheby, sempat memutuskan untuk menutup lokasinya sementara dan melakukan lelang via daring.

Setelah 8 minggu lockdown di Paris, rumah lelang Christie di Paris melelang lukisan langka Pablo Picasso. Berjudul 'Nature Morte', lukisannya dilukis pada 1921.

Hasil penjualan untuk membantu program penyediaan air bersih kepada penduduk desa Kamerun, Madagaskar, dan Maroko. Uniknya pelelangan dilakukan secara undian untuk mereka yang membeli tiket online senilai 100 euro atau sekitar Rp 1.6 juta.



Balai Lelang Christie menjual tiket secara online, sampai saat ini sudah terkumpul Rp 79,8 miliar dari penjualan 50.000 tiket. Target awalnya adalah 200.000 tiket yang terjual.

Nantinya, Christie akan melelang nomor undian dan orang tersebut yang memenangkan lukisan langka Picasso.

"Saya berharap lukisannya dimenangkan dari seseorang yang tinggal di Amerika Selatan atau Timur Tengah. Saya senang kalau lukisan Picasso menyebar ke seluruh dunia," ujar kolektor seni David Nahmad.

Ia adalah salah satu art dealer berpengaruh di dunia dan memiliki 300 koleksi pribadi Picasso. Lukisan 'Nature Morte' adalah lukisan terkecil Picasso saat ia tinggal bersama istri pertamanya Olga Khokhlova dan ketika merayakan ulang tahun yang ke-40.



Simak Video "Perkenalkan Ai-Da, 'Pablo Picasso' dalam Wujud Robot"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)