Nonton Teater 'Perempuan-Perempuan Chairil' Kini Bisa Streaming dari Rumah

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 08 Mei 2020 13:58 WIB
Perempuan Perempuan Chairil
Foto: Pentas Perempuan Perempuan Chairil (Image Dynamics)
Jakarta -

Sukses dengan 'Bunga Penutup Abad', program #NontonTeaterDiRumahAja akhir pekan ini menghadirkan 'Perempuan-Perempuan Chairil'. Penikmat seni bisa menonton secara streaming pada 9-10 Mei 2020 pukul 14.00 WIB di situs www.indonesiakaya.com serta channel YouTube IndonesiaKaya.

Pementasan 'Perempuan-Perempuan Chairil' terinspirasi dari buku 'Chairil' karya Hasan Aspahani. Dari buku itu, Happy Salma dan sutradara Agus Noor menemukan bentuk pemanggungan.

"Karya-karya Chairil Anwar merupakan cermin sejarah untuk memaknai apa arti kemerdekaan manusia, juga kemerdekaan sebuah bangsa. Setidaknya esensi itulah yang mendorong saya mewujudkan mimpi mementaskan perjalanan hidup Chairil Anwar," ucap produser Happy Salma, dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Perempuan Perempuan ChairilPerempuan Perempuan Chairil Foto: Pentas Perempuan Perempuan Chairil (Image Dynamics)



'Perempuan-Perempuan Chairil' terdiri dari empat babak. Setiap babak menggambarkan empat perempuan yang ada di dalam hidup Chairil Anwar.

Ada Ida Nasution, Sri Ajati, Sumirat, dan Hapsah yang menjadi istri Chairil. Keempat perempuan punya empat cerita berbeda yang mengajak penonton lebih mengenal sosok sang penyair.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, mengatakan pentas 'Perempuan-Perempuan Chairil' yang sukses menarik perhatian bakal menemani penonton di masa karantina diri saat pandemi COVID-19.



"Penayangan pementasan ini, merupakan upaya yang kami lakukan untuk mengenalkan masyarakat secara lebih jauh sosok Chairil Anwar, seorang penyair legendaris Indonesia yang melahirkan karya-karya fenomenal dan mendunia," katanya.

Reza Rahadian yang berperan sebagai Chairil Anwar menambahkan, "Semoga kegiatan #NontonTeaterDiRumahAja pada akhir pekan ini dapat diterima dengan baik oleh para penikmat seni, sehingga semangat dan minat para penikmat seni dengan dunia seni pertunjukan dan juga sastra terus meningkat," tukas Reza.



Simak Video "Reza Rahadian Belum Ngebet Bikin Konten YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)