Pencuri Lukisan Van Gogh di Belanda Gunakan Palu Godam

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 23 Apr 2020 17:06 WIB
Lukisan Vincent Van Gogh Dicuri
Foto: Singer Laren Museum/Reuters
Jakarta -

Saat museum-museum seni di seluruh dunia ditutup karena COVID-19, lukisan Vincent van Gogh hilang dicuri. Ternyata cara pencurian yang dilakukan oknum tersebut diungkap oleh kepolisian setempat.

Pencuri tersebut menggunakan palu godam untuk menghancurkan pintu kaca. Sebuah acara televisi di Belanda menayangkan rekaman kamera keamanan yang menunjukkan seorang pencuri menghancurkan pintu kaca saat dini hari pada 30 Maret 2020.

Tak lama setelah menghancurkan pintu kaca, lukisan Van Gogh langsung diambilnya. Polisi berharap mempublikasikan gambar akan membantu melacak pencuri lukisan 'The Parsonage Garden at Nuenen in Spring 1884' koleksi Museum Singer Laren.



Direktur Museum Singer Laren, Evert van Os, mengatakan kerusakan dan kerugian museum ditanggung oleh perusahaan asuransi tapi ia menyayangkan di tengah masa pandemi justru marak pencurian.

"Pencuri itu menerobos masuk ke sejumlah pintu dan beberapa lapis keamanan. Karena itu rekaman yang dirilis sengaja kami publikasikan," ujar Van Os, dilansir dari AP, Kamis (23/4/2020).

Lukisan yang dicuri merupakan bagian dari pameran seni 'Mirror of the Soul' yang menampilkan 70 lukisan kenamaan seniman Belanda dari abad ke-19.

Museum ditutup sejak 12 Maret sebagai langkah Belanda untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Lukisan 'Parsonage Garden' merupakan karya dilukis antara tahun 1883 dan 1884 ketika ia sedang bersama orang tuanya di Nuenen, saat ayah sang seniman menjadi seorang pejabat.



Simak Video "Lukisan Van Gogh Hilang di Museum Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)