Selamat Hari Teater Sedunia!

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 27 Mar 2020 15:21 WIB
Hari Teater Sedunia
Foto: Istimewa
Jakarta -

Setiap tanggal 27 Maret, para pelaku industri teater internasional merayakan Hari Teater Sedunia. Momen istimewa bagi pencinta seni bermula dari tahun 1961. Bagaimana sejarahnya?

Pada 1961, Organisasi International Theatre Institute mencetuskan tanggal 27 Maret sebagai hari Teater Sedunia. Organisasi yang berada di Paris itu ingin merayakan momen teater untuk perdamaian masyarakat duni.

Dalam pernyataannya saat itu, UNESCO mengatakan teater punya kekuataan untuk menyamaikan perdamaian. Dari teater pula, bisa menginspirasi dan menyampaikan pesan dengan cara berbeda ketimbang seni lainnya.



Setahun berikutnya, sosialisasi Hari Teater Sedunia pun digaungkan. Di Indonesia, grup-grup teater Tanah Air kerap merayakan Hari Teater Sedunia dengan berbagai acara.

Di Solo, ada penyelenggaraan Sala Hatedu (Hari Teater Dunia) yang dibuat sejak tahun 2014. Sayangnya gelaran tahun ini terpaksa ditunda karena penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Dilansir dari berbagai sumber, berbagai grup teater turut meramaikan dari banyak kota, yakni Jakarta, Yogyakarta, Palu, Lamongan, Surabaya, Madura, Tegal, Purwokerto, Riau, Banten, Magelang, dan masih banyak lagi.



Di media sosial, Lab Teater Ciputat mengucapkan perayaan dengan suka cita.

"Lab teater ciputat mengucapkan Selamat hari Teater se-dunia. Salam budaya dan tetap semangart πŸ‡²πŸ‡¨πŸŽ­πŸŽΆπŸ“œ," tulis Lab Teater Ciputat.

Selamat Hari Teater Sedunia!



Simak Video "Anies Cek Grand Theater Senen yang Dibakar Massa Demo"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)