44 Lukisan Maestro Srihadi Soedarsono Mejeng di Pameran 'Man x Universe'

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 11 Mar 2020 19:58 WIB
Pameran lukisan Srihadi Soedarsono (Tia Agnes/detikhot)
Foto: Pameran lukisan Srihadi Soedarsono (Tia Agnes/detikhot)

Pameran tunggal 'Man x Universe' menampilkan empat babak kekaryaan. Dimulai dari lukisan-lukisan soal kritik sosial terdiri dari seri Papua, Bandung, dan garam. Babak kedua, tema dinamis yang menghadirkan seri Jatiluwih dan Energy of Wave.

Babak ketiga, manusia dan alam semesta yang menampilkan seri gunung, Tanah Lot dan Gunung Kawi. Keempat, lukisan-lukisan kontemplasi yang spiritual.

"Ini pameran baru, banyak variasi dari tema-tema yang pernah saya gunakan. Dimulai dari seri budaya dengan seni tari yang saya menylai dengan pemandangan Indonesia itu indah," katanya.

44 Lukisan Maestro Srihadi Soedarsono Mejeng di Pameran 'Man x Universe'  Foto: Pameran lukisan Srihadi Soedarsono (Tia Agnes/detikhot)

Contohnya saja lukisan 'Bandung Jelita' seri pertama dan kedua yang berjarak sepanjang 20 tahun. Menurut Srihadi, ada perbedaan dari kota Bandung yang padat penduduk menjadi kota yang penuh dengan bayangan gedung-gedung beton.

Pameran tunggal 'Srihadi Soedarsono: Man x Universe' digelar pada 11 Maret sampai 9 April 2020 di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.

Halaman


Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/imk)